Pembangunan Politeknik Perikanan Lampung Dimulai

img
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin di Depan Ruang Fraksi PDIP DPRD Lampung. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Ada kabar gembira bagi masyarakat Lampung, khususnya para siswa yang punya minta dan bakat di bidang perikanan.

Pembangunan Politeknik Perikanan Lampung di Kabupaten Tanggamus yang telah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu akan terwujud. 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mengucurkan anggaran guna terealisasinya kampus yang akan fokus di bidang budidaya ikan tersebut.

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sudin mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan gedung Politeknik Perikanan  tersebut dijadwalkan pada Kamis (28-11-2019).

“Kamis saya akan melakukan peletakan batu pertama, pembangunan politieknik perikanan di Tanggamus,” kata Sudin kepada harianmomentum.com.

Terealisasinya pembangunan Politeknik tersebut tak lepas dari kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pemerintah Pusat.

“Tanahnya hibah dari Provinsi Lampung, biayanya pembangunannya pakai APBN dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” beber legislator asal daerah pemilihan Lampung I itu.

Sudin menuturkan, wacana pembangunan Politeknik tersebut muncul dari keinginan untuk meningkatkan taraf pendidikan siswa. Khususnya yang selama ini telah bersekolah di Kejuruan Perikanan yang memang sudah ada di Tanggamus.

“Wacana ini sebenarnya sudah ada sejak periode sebelumnya. Ternyata saat ini dianggarkan,” jelas Ketua DPD PDIP Lampung itu.

Menurut dia, proyek pembangunan Politeknik Perikanan tersebut multiyear atau tak bisa dirampungkan dalam setahun di rencana penganggaran pemerintah. “Untuk berapa nilai anggarannya, nanti Kamis saya laporkan,” ujarnya.

Sudin menjelaskan, walau namanya Politeknik Perikanan namun pada aplikasinya kampus tersebut akan membagi kelompok pembelajaran dalam beberapa jurusan atau program studi (prodi). “Jadi ini bukan cuma ikan, tapi ada udang dan lain lain,” jelasnya.

Dengan terbangunnya Politeknik Perikanan Lampung di Tanggamus, Sudin berharap akan banyak bermunculan para pengusaha muda di bidang perikanan. 

“Jangan seperti selama ini, hanya kerja sama orang, jadi nelayan. Saya yakin, dengan binaan KKP, Komisi IV DPR RI, dan Pemerintah Provinsi Lampung, mudah-mudahan niatan ini berjalan baik,” ungkapnya.

Diketahui, gedung Politeknik Perikanan Lampung tersebut akan didirikan bersebelahan dengan gedung Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waygelang, Kecamatan Kotaagung Barat, Tanggamus.(acw)



Leave a Comment