Senin, Pemprov Luncurkan Program smart school

img
Ilustrasi peluncuran program smart school.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera meluncurkan (launching) program sekolah pintar (smart school).

Peluncuran salah satu misi Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia itu dijadwalkan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), Senin (16-12-2019) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar peluncuran program pembelajaran berbasis teknologi informasi itu bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI 

"Rencananya, program ini akan diluncurkan langsung oleh Pak Gubernur. Acara ini akan dihadiri sekitar 5000 guru dan siswa tingkat SMP/SMA/SMK/SLB se-Provinsi Lampung," kata Sulpakar, Kamis (12-12-2019).

Dia menyebutkan smart school merupakan suatu konsep sekolah berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

"Penggunaan teknologi mencakup suatu sistem terintegrasi yang membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik," jelasnya.

Sulpakar menerangkan penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses serta sumber teknologi yang memadai.

Tujuan utama teknologi dalam pembelajaran untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja. 

"Penggunaan teknologi berbasis internet dalam bidang pendidikan ini membantu interaksi antara komunitas sekolah, siswa dan guru misalnya semakin lebih mudah," terangnya.

Dia menjelaskan smart school merupakan tindak lanjut dari program gubernur dan wakil gubernur. Program tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemprov dan Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

"Dalam acara launching Smart School ini siswa juga akan mendapat siraman rohani dari dai kondang asal Sulawesi Selatan Das'ad Latif," ujarnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos