Jelang Pilkada, Bawaslu Bandarlampung Gandeng UML

img
Bawaslu Bandarlampung dan Universitas Muhamadiyah Lampung. Foto. Rft.

MOMENTUM, Bandarlampung--Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandarlampung menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Muhammadiyah Lampung (UML).

Penandatanganan naskah kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) Bawaslu-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UML berlangsung di Hotel Arinas, Bandarlampung, Selasa (28-1-2020).

Naskah kerja sama yang ditandatangani Ketua Bawaslu Candrawansah dan Dekan FISIP UML Zulman Barniat, itu terkait dengan pengawasan pelaksanaan pilkada di Bandarlampung. 

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah mengatakan, ada beberapa tahapan yang sangat penting dan membutuhkan partisipasi masyarakat.

Dia mencontohkan, terkait dengan sosialisasi daftar pemilih tetap (DPT). Sehingga masyarakat dapat memahami, misalnya, jika namanya tidak masuk DPT, dapat segera melaporkan.

Selain itu, menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi politik uang dengan berpartisipasi mengawasi selama proses kampanye.

Dekan Fisip UML Zulman Barniat mengatakan, kerja sama ini merupakan lanjutan dari kerja sama Universitas Muhammadiyah dengan Bawaslu pusat.

Setelah penandatanganan MoU, FISIP UML akan berdiskusi tentang program Bawaslu mulai dari tahapan hingga pasca pemilihan.

"Nanti civitas akademika UML akan dibekali supaya memahami proses penyelenggaraan sehingga memberikan kontribusi yang positif dalam mewujudkan pemilu yang jujur dan adil," ungkapnya. (rft).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos