Capaian Sensus Penduduk Online di Pringsewu Baru 0,16 Persen

img
Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Budiman

MOMENTUM, Pringsewu--Hingga 21 Februari 2019 pelaksanaan sensus penduduk (SP) sistem online di Kabupaten Pringsewu baru berhasil mendata 761 jiwa dari 208 kepala keluarga.

Jumlah tersebut baru mencapai 0,16 persen dari target 16,64 persen atau 19.413  KK yang terdaftar pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Sedang total KK di Kabupaten Pringsewu tercatat 116.665.

Data hasil capaian SP Online tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pringsewu Budiman saat membuka Rakor Sensus Penduduk 2020. Rako yang diikuti sejumlah organisasi perangkat daerah terkait itu berlangsung di Hotel Urban, Pringsewu, Senin (24-2-2020).

Menurut sekdakab, agar target tersebut tercapai dibutuhkan sinergitas antara pemerintah, pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat. 

"Setiap OPD hendaknya menggerakkan semua potensi, serta menerapkan strategi yang tepat sesuai kondisi. Evaluasi juga partisipasi pegawai pada Sensus Penduduk Online  ini," kata Sekdakab. 

Sekdakab Pringsewu juga menyampaikan arahan Presiden agar tidak terjadi kesimpangsiuran data dalam pelaksanaan sensus tersebut, seperti yang terjadi pada Sensus Ekonomi tahun 2016 lalu.

"Data sebagai salah satu faktor penunjang, sangat penting dalam proses pembangunan, untuk dasar perencanaan maupun evaluasi program. ke depan akan dibentuk kesatuan data kependudukan di Kabupaten Pringsewu, baik berdasarkan sensus maupun dari administrasi kependudukan," terangnya. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos