Kapolda Jelaskan tentang Perubahan di Kepolisian

img
Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi bersama jajaran Harian Momentum. Foto. Agung DW.

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparat kepolisian dalam menjalankan tugasnya kini bukan lagi menggunakan pendekatan kekuasaan, tetapi bertindak sebagai pelayan masyarakat. 

Perubahan sikap atau mindset itu dilakukan karena tuntutan perkembangan terutama di era demokrasi saat ini. Meski diakui, perubahan mindset itu tidak sederhana melainkan membutuhkan proses dan waktu.

"Merubah mindset itu tidak mudah. Tetapi membutuhkan waktu dan proses," ujar Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi saat menerima kunjungan Tim Harian Momentum di ruang kerjanya, Selasa (25-2-2020) pagi.

Kendati demikian, kata Kapolda, merubah mindset anggota kepolisian merupakan satu dari tiga fokus utama kepolisian. Sedangkan dua fokus lainnya yakni peningkatan kinerja dan manajemen media.

"Kebijakan Kapolri sejak Pak Tito sampai sekarang, tidak jauh berbeda. Manajemen media isinya memanage berita, menyampaikan pesan secara cepat, tepat dan akurat," bebernya.

Lebih lanjut Purwadi mengungkapkan, kepolisian dalam menjalankan tugas memiliki semboyan Tiga P. Hal ini pula yang harus dilaksanakan seluruh jajaran Kepolisian Daerah Lampung.

Tiga P itu adalah, proaktif, partnership dan problem solving. Pertama, proaktif yang dimaksudkan adalah bagaimana petugas kepolisian mengetahui terlebih dahulu apa persoalan yang ada di tengah masyarakat.

"Artinya, aparat kepolisian harus jemput bola. Bukan lagi menunggu ada peristiwa baru bereaksi," katanya. Dengan demikian, dapat meminimalkan atau meredam terhadap kemungkinan terjadi suatu peristiwa di masyarakat.

Kedua, partnership, bagaimana caranya dengan keterbatasan yang dimiliki petugas kepolisian dari segi personil, anggaran dan sarana prasarana mampu menyelesaikan setiap persoalan.

Kemudian, ketiga yakni, problem solving. Setiap petugas kepolisian dapat menyelesaikan persoalan yang ada karena itu adalah bagian dari tugas. "Namun semua itu harus diiringi dengan keikhlasan dan ketulusan. Agar semuanya dapat dijalankan dengan baik," jelasnya. 

Dalam pertemuan itu, Kapolda disampingi Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad,

 Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung Kombes Pol Surbakti, dan Kasubbid Penmas Polda Lampung Kompol Zulman.

Sementara Tim Harian Momentum dipimpin Pemimpin Redaksi Andi S Panjaitan, Pemimpin Perusahan Nurjanah, General Manajer Asdijal, Dewan Redaksi M Furqon, dan wartawan Agung Darma Wijaya dan Ira Widya. (*).

Laporan: Ira Widya.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos