Dinkes: Masker Digunakan Hanya untuk Orang Sakit

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan menggunakan masker penutup mulut dan hidup.

Menurut Reihana, masker hanya digunakan untuk masyarakat yang sedang sakit dan masa pemulihan. Terutama bagi yang terkena flu dan batuk.

"Ketika kita dalam kondisi itu, maka maka harus menggunakan masker. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus," kata Reihana kepada harianmomentum.com, Rabu (4-3-2020).

Baca juga: Geger Corona di Sukadana, Kadinkes Lampung Pastikan Hoax

Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak panik karena isu virus corona dengan membeli dan menggunakan masker. Padahal kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Terlebih, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI belum mengeluarkan instruksi untuk menggunakan masker secara menyeluruh.

Selain itu, menurut dia, virus corona hanya menyebar melalui sentuhan tubuh, bukan melalui udara. "Jadi yang harus diingat, covid-19 itu tidak menyebar melalui udara. Tetapi melalui human to human (orang ke orang)," ujarnya.

Baca juga: Corona Tidak Menyebar Melalui Udara

Untuk mengantisipasinya, dia mengingatkan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

Menurut dia, pola hidup sehat dapat mencegah tertularnya virus corona atau covid-19. "Covid-19 ini kan virus, jadi harus kita lawan. Kalau daya tahan tubuh kita kuat tidak mudah tertular. Makanya harus menerapkan pola hidup sehat," terangnya.

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos