Pemkot Metro Siap Fasilitasi Pelestarian Kesenian Daerah

img
Wakil Walikota Metro menyampaikan dukungan upaya pelestarian budaya yang dilakukan paguyuban kesenian karawitan Mardi Raras

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro komitmen terus melakukan berbagai upaya pelestarian kebudayaan daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Metro Djohan kepada anggota Paguyuban Seni Tradisional Karawitan Mardi Raras di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Jumat  malam (20-3-2020).

Djohan mengatakan, Pemkot Metro akan memfasilitasi berbagai kegiatan kesenian tradisional yang diselenggarakan masyarakat.

"Kita akan dorong dan fasilitasi upaya pelestarian dan pengembangan kesenian tradisional," kata Djohan.

Menurut Djohan, yang tidak kalah penting dalam upaya pelestarian kesenian tradiaional adalah regenerasi pelaku.

"Kesenian tradisional harus kita jaga agar tidak hilang do telan jaman. Maka, perlu adanya regenerasi, ajarkan kepada yang lebih muda supaya mengerti. Semua itu perlu adanya keseriusan dan kerja keras kita semua," terangnya.

Hardono Wakil Ketua Paguyuban Seni Tradisional Karawitan Mardi Raras mengatakan, sudah sembilan tahun menggeluti dunia karawita.

"Paguyuban ini kita bentuk sebagai wadah berkumpul, sekaligus bentuk keseriusan kami melestarikan seni karawitan," kata Hardono.

Saat ini, lanjut dia, anggota group kesenian tersebut berjumlah 30 orang.

"Group karawitan ini diketuao pak Taryo. Peralatan yang kami gunakan peninggalan kelompok lama dan kami lengkapi dengan iuran. Mudah-mudahan kami didukung Pemkot Metro untuk mengembakan seni karawitan ini," harapnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar



Leave a Comment