Penemuan Telur Penyu, Diskan Lamsel Apresiasi Sikap Warga

img
Kepala Diskan Lamsel Dwi Jatmiko meninjau lokasi penemuan 102 butir telur penyu.

Harianmomentum--Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten  Lampung Selatan (Lamsel) bersama Lembaga Swadaya (LSM) Masyarakat Krakatau Penyu Lampung Selatan (KPLS) meninjau lokasi penemuan 102 telur penyu di pantai Minang Rua, Desa Klawi,  Kecamatan Bakauheni. 

 Kepala Diskan Lamsel Dwi Jatmiko mengatakan telur penyu tersebut  ditemukan warga sekitar pantai yang langsung melapor epada KPLS. Selanjutnya  diteruskan pada Diskan setempat.

“Penyu salah satu satwa laut yang keberadaannya terancam punah. Maka dari itu saya ke sini untuk melihat langsung dan menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada masyarakat yang menemukan dan berinisiatif menjaga telur tersebut,"  kata Dwi Jatmiko, Jumat (4/5). 

Selain itu, menurut Dwi Jatmiko demi menjaga kelestarian  penyu, kedepan Pemkab Lamsel akan memberikan anggaran dana untuk  upaya pelestarian hewan langka tersebut.

“Penyu di Lampung Selatan harus terus kita lestarikan. Harapan kita kedepan warga disekitar pantai di Lampung Selatan dapat mengelola keberadaan penyu. Rencananya 2018 nanti sudah bisa kita anggarkan untuk pelestarian penyu,"  terangnya .

Ketua KPLS Ibnu Sundana mengakatan kepedulian masyarakat di pesisir Pantai Minang Rua  membantu upaya pelestarian penyu patut menjadi contoh. Selain itu KPLS juga berencana untuk membuat kelompok pelestarian penyu.

“Mudah-mudahan telur-telur ini bisa sampai menetas dan dapat kita lepaskan ke laut lepas. KPLS juga akan mendampingi kelompok Pokdarwis Minang Rua dibawah binaan Dinas Perikanan Lamsel untuk melestarikan dan menyelamatkan penyu,”  terangnya.(bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos