MOMENTUM TV: Bupati Buka Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Pesibar

Penyerahan penghargaan pada Harganas XXVI Tingkat Provinsi Lampung di Pesisir Barat. Foto. Ist.

MOMENTUM TV--Bupati Pesisir Barat Dr Drs Agus Istiqlal SH MH membuka pelaksanaan pelayaan Keluarga Berencana (KB) sejuta akseptor dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Hargana) tahun 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (29-6-2020) turut dihadiri Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Pesisir Barat, Hj Septi Istiqlal.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan keluarga merupakan lingkungan pertama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian individu anak. Oleh sebab itu, peran keluarga penting dalam membentuk karakter dan menentukan kualitas bangsa. "Keluarga yang sejahtera juga turut membantu dalam mewujudkan visi kabupaten pesisir barat yang madani, mandiri dan sejahtera," ujar Bupati.

Untuk menciptakan keluarga sejahtera, salah satu cara yang ditempuh Pemerintah kabupaten (Pemkab) adalah melalui pembangunan keluarga.

"Sebagai institusi sosial terkecil, keluarga merupakan fondasi untuk membangun kehidupan sosial dan kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Program pembangunan keluarga berencana (Bangga Kencana) merupakan tanggung jawab kita semua. "Kita perlu mengingat kembali bahwa penduduk yang besar dan berkualitas memang dapat menjadi modal pembangunan, namun sebaliknya penduduk yang besar dan tidak berkualitas akan menjadi beban pembangunan," kata dia.

Oleh karena itu, tugas kita adalah bagaimana menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. "SDM berkualitas salah satunya dapat dicapai melalui strategi peningkatan pembangunan keluarga karena peran keluarga begitu penting dalam membentuk generasi yang tangguh, berkarakter dan berdaya saing," paparnya.

Keluarga harus memiliki kekuatan dan ketahanan sehingga dapat membentuk masyarakat yang kuat dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

Seperti masa pandemi Covid-19 saat ini, kecenderungan timbul masalah dalam keluarga antara lain: tekanan psikososial ekonomi pribadi dan keluarga, ketidakpastian masa depan dan menurunnya peserta KB baru maupun aktif.

Pemkab Pesisir Barat melalui Gugus Tugas Covid-19 dengan dukungan semua pihak telah melakukan kegiatan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Kadis PPKB Pesibar, Nurdiah menyampaikan kegiatan pelayanan sejuta akseptor dilaksanakan di 11 kecamatan pada puskesmas masing-masing. Kegiatan pun bekerja sama dengan IDI, IBI dan organisadi terkait lainya.

"Secara Nasional Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia melalui BKKBN Pusat," ujar Nurdiah.

Turut hadir anggota DPRD, Forkopimda Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat, Ketua Dharma Wanita,  serta Camat Pesisir Tengah, Waykrui dan Krui Selatan, Kepala Puskesmas Krui, Waykrui dan Krui Selatan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) setempat.(**)

Laporan: Agung Sutrisno
Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos