Pertamina Sosialisasi Kemitraan di Pringsewu

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dan Astri Rica Puspita. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pringsewu--PT Pertamina (Persero) menyosialisasikan program kemitraan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pringsewu. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pemkab Pringsewu, Jumat (17-7-2020), diikuti 25 perwakilan UMKM. Dihadiri Junior Officer CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan Astri Rica Puspita. 

Pada kesempatan itu, Wabup Pringsewu Fauzi menyampaikan apresiasi kepada Pertamina menjalin kemitraan dengan UMKM di Pringsewu. "Di Pringsewu ada sekiar tiga ribu UMKM dan industri rumah tangga, namun tidak terdapat pabrik besar," katanya. 

Karena itu, Fauzi mempersilakan Pertamina bekerja sama dalam bentuk apa pun agar UMKM di Pringsewu bisa lebih maju dan berkembang. 

"Saya berharap setelah kegiatan sosialisasi ini, ke depan akan terjalin hubungan yang baik antara Pertamina dan pelaku UMKM di Kabupaten Pringsewu," harapnya.

Sementara Astri Rica Puspita mengatakan, sebagai BUMN, Pertamina melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Diantaranya melalui program kemitraan, dengan melakukan pembinaan dan pendampingan. 

Menurut Astri, tujuan kemitraan untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri, sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Sektor usaha yang dapat mengikuti program kemitraan Pertamina, perdagangan, peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, industri, jasa dan lainnya.

Persyaratannya, antara lain, usaha milik WNI, aset atau kekayaan bersih maksimum Rp500 juta, omset total penjualan pertahun maksimum Rp2,5 milyar, usaha telah berjalan minimal 6 bulan dan mempunyai potensi berkembang.

"Serta usaha merupakan milik sendiri dan bukan anak perusahaan atau berafiliasi dengan usaha besar. Dan badan usaha perseorangan, tidak berbadan hukum, serta belum memenuhi persyaratan perbankan," ungkapnya.

Mitra Pertamina akan mendapatkan kesempatan mengikuti pembekalan dan pelatihan untuk meningkatkan usahanya. Juga, dapat mengikuti berbagai kegiatan pameran, baik di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

Tampak hadir Asisten II Johndrawadi, Kadis Koperindag Masykur Hasan, Kadis Ketahanan Pangan Iskandar Muda, Sekdis P3AP2KB H.Sunargianto, Kabag Pengembangan Ekonomi Ediyanto, dan Kabag Prokopim Moudy Ary Nazolla. (*).

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos