Puluhan Napi Rutan Krui Terima Remisi

img
Bupati Pesibar Agus Istiqlal secara simbolis menyerahan surat keputusan pemberian remisi HU ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia

MOMENTUM, Krui--Puluhan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menerima remisi atau pengurangan masa tahanan dalam rangkat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

surat keputusan remisi tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Pesibar Agus Istiqlal kepada tiga orang narapidana, di Rutan setempat, Senin (17-8-2020).

Prosesi penyerahan barlangsung dalam acara Pemberian Resmisi Umum dari Menteri Hukum dan HAM yang digelar secara virtual. 

Kepala Rutan Kelas IIB Krui Hendra Ibmansyah mengatakan, tahun ini pihaknya mengusulkan 103 narapida untuk mendapatkan remisi HUT Kemerdekaan. Dari jumlah tersebut yang telah disetujui untuk menerima remisi, 97 orang.    

Penerima remisi itu terbagi dalam beberapa kategori: satu bulan, dua bulan dan tiga bulan masa tahanan.

Bupati Pesibar Agus Istiqlal mengatakan, remisi tersebut adalah bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan hak-hak warga binaan.

Dia berharap, remisi tersebut dapat semakin memotivasi warga binaan untuk terus mematuhi berbagai aturan yang berlaku.

"Ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah sebagai wujud pemberian hak kepada warga binaan memaknai kemerdekaan. Semoga ini semakin memotivasi untuk terus mematuhi berbagai aturan yang berlaku di lapas," harapnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam sambutanya mengatakan, proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

"Sebagai nikmat dan anugerah tuhan yang maha kuasa, kemerdekaan memang perlu kita syukuri. Rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap masyarakat Indonesia. Termasuk warga binaan yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk remsi atau pengurangan masa tahanan," kata Yasonna H Laoly.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupat Pesibar Erlina dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah setempat. (**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos