Sekdakab Lamsel Resmikan Gedung SKB

img
Sekdakab Lampung Selatan Thamrin menyampaikan sambutan peresmian gedung SKB di Stadion Jati, Kalianda

MOMENTUM, Kalianda--Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lampung Selatan (Lamsel) Thamrin mewakili Bupati Nanang Ermanto, meesmikan gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), di Komplek Stadion Jati, Kalianda, Selasa (8-9-2020).

Sekedakan mengatakan, pembangunan gedung tersebut, salah satu bentuk upaya Pemkab Lamsel dalam bidang pemerataan pendidikan.

"Pemkab, melalui dinas pendidikan  membuat program pendidikan Kesetaraan Nonformal, dengan kegiatan kelompok belajar dan program kesetaraan SD, SMP dan SMA melalui program kesetaraan Paket A, B, C di bawah wadah Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)," kata Sekdakab.

Dia menerangkan, pem,banguan gedung SKB tersebut mengacu pada Undang-Undang Repyblik Indonesai Nomor: 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Kemudian Peraturan Menteri Pendidikan Nomor: 3 Tahun 2008 tentang standar proses pendidikan keseteraan dan Peraturan Bupati Lamsel Nomor: 32 Tahun 2018.

“Keberadaan gedung SKB ini sanggat penting untuk mengoptimalkan upaya pemerataan pendidikan di Lampung Selatan melalui progra kesetaraan," kata terangnya.

Dia melanjutkan, keberadaan gedung SKB merupakan solusi membantu masyarakat dalam mendapatkan pendidikannya secara gratis. 

"Mari kita jadikan SKB ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menempuh pendidikan nonformal,” ajaknya. 

Sekdakab juga mengimbau seluruh kepala desa (Kades) untuk menginformasikan dan mendata warga yang putus sekolah atau yang belum sempat mengenyam pendidikan formal, agar mendapatkan hak pendidikannya melalui program kesertaraan nonformal tanpa dipungut biaya (Gratis).

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan alat tulis kepada warga belajar SKB tersebut.

Kepala Dinsa Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Lamsel Thomas Amirico mengatakan, kegiatan belajar mengajar pada SKB Lamsel telah dilakukan sejak tahun  2018.

“Saat ini warga belajar di SKB sudah mencapai 21 urang untuk program Paket A. Program paket B 91 orang dan 226 orang untuk program Paket C," ungkapnya.

Turut hadir pada peresmian tersebut:  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriant, Kepala UPT BP PAUD dan Dikmas Provinsi Lampung Muhibat, Camat Kalianda  Zaidan dan para tenaga pendidik se-kabupaten setempat. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos