Diskan Tulangbawang Siapkan Bantuan Perahu Nelayan

img
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Menggala--Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tulangbawang akan memberikan bantuan 55 perahu dan alat tangkap ikan kepada para nelayan tradisional di kabupaten setempat.

Saat ini, proses pelaksanan program  itu telah memasuki tahapan lelang pengadaan bantuan. Lelang pengadaan batuan perahu dan peralatan tangkap ikan itu dilakukan melalu laman resmi LPSE Tulangbawang. 

Sekretaris Diskan Tulangbawang Maria Ulfa mengatakan, total nilai pengadan bantuan itu mencapai Rp1,1 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat.

“Jadi, rencananya nanti, satu kelompok nelayan akan mendapat bantuan lima perahu berikut jaring, dan mesin kapasitas di bawah 6 PK. Kemudian  box untuk penampung ikan, dan juga baju pelampung untuk keselamatan, namun saat ini kita sedang menunggu hasil, siapa pemenang lelang terbuka melalui LPSE,” kata  Maria Ulfa mewakili Kepala Diskan Tulangbawang Ria Kholdi, Rabu (23-9-2020).

Rencananya, bantuan perahu tersebut akan diserahkan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Menggala, Gedungaji, Gedungmeneng dan Kecamatan Denteteladas. Sebelumnya kelompok nelayan di kecamatan tersebut sudah mengajukan proposal bantuan sejak  tahun 2015, 2016 dan 2017.

Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat mengurangi tindakan ilegal fishing: seperti penangkapan ikan dengan menggunakan strum atau pun penggunaan racun. Selain itu juga bisa meningkatkan penghasilan nelayan. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos