Dendi akan Bangun RPH dan Pengering Jagung di Pujorahayu

img
Dendi Ramadhona saat kampanye tatap muka di salah satu rumah warga di Negerikaton. Foto. Rft.

MOMENTUM, Negerikaton--Sektor pertanian dan peternakan menjadi target pemberdayaan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran, khususnya di Kecamatan Negerikaton.

Karena itu, calon petahana Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menawarkan solusi berupa pembangunan rumah potong hewan (RPH) dan rumah pengering (oven) jagung di Desa Pujorahayu, Kecamatan Negerikaton.

"Potensi peternakan dan pertanian jagung selama ini belum dikelola maksimal sehingga belum menyejahterakan masyarakat Pujorahayu," kata Dendi saat kampanye tatap muka di Pujorahayu, Kecamatan Negerikaton, Kamis (22-10-2020).

Dendi menilai selama ini hasil hewan ternak, seperti kambing selalu dimanfaatkan wilayah lain, bahkan diekspor ke luar negeri, sehingga nilai tambah yang dinikmati masyarakat masih rendah.

"Pesawaran penghasil kambing, hasilnya dikirim ke Surabaya, setelah itu diekspor ke Arab. Nantinya dibangun RPH di Pujorahayu sehingga hasil ternaknya berbentuk fillet dan siap diekspor ke negara Arab, tentunya harga jual pun akan ikut naik," harap Dendi.

Menurut Dendi, selama ini petani jagung di Pujarahayu mengeringkan hasil panen secara tradisional. Tentu, kualitasnya akan berbeda jika jagung dikeringkan menggunakan oven.

"Nani dibangun rumah oven jagung untuk petani agar dapat mengeringkan hasil panen jagung, untuk sementara digunakan petani Pujarahayu, Roworejo, dan Lumbirejo," harapnya.

Tentu, penggunaan mesin pengering tersebut diterapkan sistem jadwal agar tertib. Sehingga masyarakat yang ingin menggunakan pengering harus antre. (*)

Laporan: Rifat Arif 

Editor: M Furqon.



Leave a Comment