Seorang Tenaga Kesehatan Positif Covid, Puskesmas Pembantu Talangsepuh Ditutup

img
Ilustrasi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kotaagung--Seorang tenaga kesehatan di Kabupaten Tanggamus terpapar virus Corona atau Covis-19. Puskesmas pembantu di Talangsepuh, Kecamatan Talangpadang, ditutup sementara.

Tenaga kesehatan berinisial SY (pasien 054), perempuan berusia 47 tahun. Warga Kecamatan Talangpadang ini, seorang ASN (aparatur sipil negara) yang bertugas di Puskesmas Pembantu Talangsepuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Tanggamus, Eka Priyanto, Jumat (23-10-2020), menjelaskan SY sepekan sebelumnya melakukan perjalanan ke Bandarlampung.  

Pada 20 Oktober 2020, SY ke Puskesmas Talangpadang karena mengeluh demam dan penciumannya menurun atau anosmia. Namun, tidak batua tau pilek.

Petugas Puskesmas di Talangpadang melakukan rapid test terhadap SY dengan hasil nonreaktif. Kemudian pasien dirujuk ke dokter spesialis THT (telinga hidung dan tenggorokan) untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Dua hari kemudian, pada 22 Oktober 2020, karena ada keluhan anosmia, dokter THT menyarankan SY melalui swab. Hasilnya, SARS CoV2 positif.

Pada 23 Oktober 2020, SY dibawa ke Rumah Sakit Bathin Mangunang Kotaagung untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana kasus Covid-19, kata Eka.

Selanjutnya, Eka menjelaskan perkembangan pemantauan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus, sampai dengan hari ini, 36 pasien selesai isolasi, 16 orang dirawat, dua orang meninggal dunia.

Sementara langkah yang dilakukan Tim Gugus Covid-19, akan dilakukan penelusuran terhadap warga yang kontak erat dengan pasien sebanyak 12 orang dan rapid tes terhadap seluruh petugas Puskesmas Talangpadang dan Pukesmas Pembantu Talangsepuh.

Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kediaman pasien, Puskesmas Pembantu Talangsepuh dan di Puskesmas Talangpadang. 

Puskesmas Pemantu Talangsepuh ditutup sementara dan pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Talangpadang, katanya.

Selain itu, terus dilakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter dan menghindari kerumunan. (*).

Laporan: Galih/Ijal.

Editor: M Furqon.



Leave a Comment