TP PKK Provinsi Bengkulu Belajar ke Lamsel

img
Rombongan TP PKK Provinsi Bengkulu meninjau produk kerajinan kain tenun khas Lampung Selatan

MOMENTUM, Kalianda--Berbagai prestasi dan program unggulan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menyita perhatian TP PKK di sejumlah daerah. Salah satunya, TP PKK Provinsi Bengkulu. 

Secara khusus, TP PKK Provinsi Bengkulu berkunjung ke Kabupaten Lamsel, Kamis (26-11-2020). Rombongn studi banding TP PKK Bengkulu yang dipimpin Wakil Ketua III Syafridawati Musiar Dannis diterima Penjabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kabupaten Lamsel Pori Karlia Sulpakar, di Aula Krakatau kantor kantor pemkab setempat.

“Kami merasa sangat tersanjung karena diterima oleh jajaran TP PKK Kabupaten Lampung Selatan secara lengkap,” kata  Wakil Ketua III TP PKK Bengkul Syafridawati Musiar.

Dia menyampaikan, kunjungan tersebut untuk melakukan studi banding terhadap program-program yang dilaksankan TP PKK Kabupaten Lamsel.

“Kami ingin mendengar dan melihat langsung kondisi dan kegaiatan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan.melalui kunjungan kerja ini, kami berharap ada hal-hal yang bisa dilakukan kerjasama dalam kegiatan PKK,” harapnya.

Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Lamsel Pori Karlia Sulpakar menyampaikan terima kasih dan apresisasi atas kunjungan studi badnding TP PKK Bengkulu ke kabupaten setempat.

Pada kesemaptan itu, Prori Karlia juga memparkan sejumlah program kerja TP PKK Lamsel.

Progra kerja yang disampaikan, antara lain: program peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). 

"Program UP2K memiliki peran pokok dalam meningkatkan keterampilan serta keahlian Kader PKK yang akan berdampakpada peningkatan ekonomi keluarga. Kami juga mengadakan pembinaan dan bimtek produk industri rumahan dan kerajinan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata Prori Karlia.

Selain itu juga, dia menyampaikan berbagai industri rumah tangga unggulan yang menjadi binaan TP PKK Lamself, antara lain: industri kuliner otak-otak, pletekan, keripik pisang dan kelapa puan atau kopyor, di Kecamatan Kalianda.

“Kita juga punya produk kerajinan Tukkus ikat kepala khas Lampung di Kecamatan Penengahan dan produk kerajinan kuliner abon pepaya di Kecamatan Natar. Kedua produk kerajinan ini belum ada di daerah lain. Serta beberapa produk lainnya yang sangat diminati,” ungkapnya.

Pori Karlia juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih TP PKK Lamsel di tingkat provinsi maupun nasional, antara lain: juara I Lomba IVA Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, juara I Lomba UKS Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 dan  juara I Lomba Kesrak Tingkat Provinsi Lampung Kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat Tahun 2019.

Kemudian, juara I Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, Juara II Lomba Masak B2SA Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, dan juara II Lomba Masak Serba Ikan dalam rangka Lampung Fair Tahun 2019.

Untuk prestasi ditingkat nasional: juara II Kesrak kategori LBS Tingkat Nasional Tahun 2019, juara III Lomba Masak Tingkat Nasional kategori Menu Keluarga Tahun 2019, dan Juara III Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional Tahun 2019.

“Prestasi-prestasi ini dapat kami raih berkat kerjasama yang baik seluruh kelompok kerja (Pokja), juga hasi pembinaan serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” terangnya.

Agenda studi banding TP PKK Bengkulu  dilajutkan dengan meninjau kegiatan program UP2K ke lokasi pembuatan Otak-otak dan peletekan di Kelurahan Bumiagung, Kecamatan Kalianda. Rombongan TP PKK Bengkulu juga mengunjungi Sekretariat Dekranasda Kabupaten Lamsel.

Di Sekretariat Dekranasda Kabupaten Lamsel, rombongan TP PKK Bengkulu melihat langsung berbagai produk kerajinan: kain tapis, tenun ikat inuh, sulam usus, peci, selendang, tas, topi, masker dengan motif tapis. (**)

Laporan: alpandi

Editor: munizar



Leave a Comment