HUT Ke-24, Wujudkan Tanggamus Maju dan Keren

img
Bupati Tanggamus Dewi Handajani memotong tumpeng HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung--Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Tanggamus pada tahun 2021 diselenggarakan secara sederhana. Hal ini tidak terlepas dari situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Acara potong tumpeng digelar di Ruang Rapat Utama Pemkab Tanggamus, Senin (22-3-2021). Dihadiri Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi'i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, serta sejumlah pejabat pemkab setempat. Sementara para camat mengikuti kegiatan secara virtual.

Bupati Dewi Handajani menyampaikan syukur kepada Allah subhanahu wataala, Kabupaten Tanggamus telah berusia 24 tahun.

"Tidak terasa Kabupaten Tanggamus telah dewasa. 24 tahun adalah rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah," kata bupati.

Dewi mengatakan hampir 18 tahun turut berkarya di daerah berjuiluk Bumi Begawi Jejama itu. Baik selaku istri pemimpin daerah, dan saat ini sebagai kepala daerah.

Selama perjalanan pengabdiannya, menurut dia, masa paling sulit yang dihadapi adalah saat pandemi Covid-19. Wabah yang melanda seluruh dunia ini, berdampak luas. Khususnya sektor ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

"Pada tahun lalu, akibat pandemi, pemilihan kepala pekon (pilakon) tertunda cukup lama. Namun, semua permasalahan tersebut dapat terselesaikan.  Kita wajib bersyukur, pilkakon selesai dilaksanakan pada 16 desember 2020," kata Dewi.

Bahkan, pilkakon serentak yang melibatkan 220 pekon tersebut, berlangsugn aman dan sukses. Dengan partisipasi pemilih mencapai 78 persen dari 306.760 pemilih. 

"Kita patut bersyukur. Sukses penyelenggaraan pilakon serentak itu mendapatkan apresiasi atau penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten yang menyelenggarakan pikakon serentak dengan jumlah terbanyak dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid 19," imbuh Bupati.

Pada bagian lain, Dewi mengatakan Pemkab Tanggamus selalu bersinergi dengan Pemprov Lampung dalam melaksanakan pembangunan.

Banyak program pemprov yang bersentuhan dengan Kabupaten Tanggamus. Banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan pemprov di Kabupaten Tanggamus. 

Selain itu, dia mengajak masyarakat menjadikan HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus sebagai momentum untuk terus berjuang, berkarya, dan bekerja sama. Agar Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera dapat tercapai.

"Peringatan hari jadi ini juga menjadi wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan secara objektif. Setiap keberhasilan yang dicapai agar terus dipertahankan dan ditingkatkan," katanya.

Dewi Handajani menyebut sejumlah penghargaan sebagai wujud keberhasil pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Seperti, predikat WTP kelima dari BPK RI, Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, Penganugerahan Innovative Government World (IGA) Tahun 2020 Kategori Kabupaten Sangat Innovatif dari Kemendagri.

Selain itu, penghargaan Pelaksanaan Terbaik Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LH yang diraih oleh Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu. Juga, penghargaan Terbaik I Pembangunan Daerah Saburai Kategori Kabupaten Tingkat Provinsi Lampung.

Sedangkan program yang belum dicapai, Dewi mengajak jajarannya bersama masyarakat untuk bekerja keras mewujudkan. "Kita harus memiliki komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, suasana damai dan kondusif, insyaallah segala usaha akan dapat berhasil," harapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik para pimpinan dan anggota legislatif, forkopimda, para birokrat, instansi vertikal, swasta serta seluruh pihak yang telah bekerja keras memajukan Tanggamus.

Selanjutnya, Bupati Dewi Handajani mengatakan peringatan HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus pada tahun ini, berlangsung sederhana karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Kendati demikian, peringatan yang mengusung tema, Wujudkan Kabupaten Tanggamus Maju dan Keren, berlangsung hikmat. Selain itu, Dewi ingin peringatan hari jadi tahun ini penuh makna dan bermanfaat bagi masyarakat yang dilanda kesulitan.

Memberikan santuan kepada anak yatim merupakan salah satu cara agar peringatan HUT ke-24 Kabupaten Tanggamus memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan.

Mengakhiri sambutannya, Dewi mengajak masyarakat menaati protokol kesehatan. Dengan selalu menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. 

"Semoga pandemi segera berakhir semua kembali normal dan produktif, ekonomi masyarakat kembali bangkit," kata Bupati Dewi Handajani. (**)

Laporan: Galih

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos