Zona Orange, Pesawaran Tetap Lanjutkan KBM Tatap Muka di Sekolah

img
Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa

MOMENTUM, Gedongtataan--Kabupaten Pesawaran kembali berstatus zona orange penyebaran covid-19 di Provinsi Lampung. Sebelumnya level penyebaran covid-19 di kabupaten tersebut sempat turun ke zona kuning.  

Meski terjadi peningkatan status menjadi zona orange penyebaran covid-19 tersebut, pemkab setempat tetap melajutkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) sistem tatap muka langsung di sekolah, yang sudah berlangsung beberapa hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan, perubahan status menjadi zona orange itu, menyusul peningkatan kasus positif covid-19 di kabupaten setempat. Meski demikian, menurut dia, kondisi tersebut belum mengganggu pelaksanaan KBM tatap muka langsung di sekolah. 

"Perubahan status zona itu belum mengganggu KBM tatap muka di sekolah yang telah kita laksanakan di 70 sekolah pada delapan kecamatan. Memang dua pekan lalu ada peningkatan kasus positif covid-19 hingga mencapai 30 orang, namun sekarang sudah menurun. Tinggal 19 orang," kata Kesuma Dewangsa pada Harianmomentum.com, Minggu (11-4-2021).

Meski demikian, dia mengimbau pihak sekolah lebih ketat menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan KBM tatap muka langsung.

"Seluruh sekolah, harus lebih ketat menerapkan prokes dalam pelaksanaan KBM tatap muka langsung. Kita juga akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penerapan KBM tatap muka langsung ini," terangnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran Fauzan Suaidi.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya memperketat penerapan prokes dalam pelaksanaan KBM tatap muka langsung. Selain itu, program vaksinasi covid-19 untuk para guru juga akan terus dilakukan.

"Seluruh guru-guru di sekolah yang telah menggelar KBM tatap muka langsung, sudah menjalani vaksinasi covid-19. Ini akan terus kita lakukan, termasuk untuk para guru di sekolah yang belum menggelar KBM tatap muka langsung," kata Fauzan. 

Berdasarkan data Satgas Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Pesawaran, pada 10 April 2021, terdapat tiga kecamatan berstatus hijau: Kecamatan Margapunduh, Wayratai dan  Kecamatan Telukpandan. 

Enam kecamatan berstatus zona kuning: Kecamatan Waykhilau, Kedondong, Punduhpedada, Tegineneng, Negerikaton dan Kecamatan Padangcermin. Sedangkan dua kecamatan berstatus zona orange: Kecamatan Waylima dan Gedongtataan. (**)

Laporan: Rifa Arief

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos