Lampung Jadi Salah Satu Provinsi Terbaik Peraih PPD 2021

img
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Lampung menjadi salah satu provinsi terbaik yang meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021.

Penghargaan itu disampaikan saat acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional dalam rangka Penyusunan RKP Tahun 2022 dengan tema "Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural", Selasa (4-5-2021).

Selain Lampung, ada sembilan provinsi lain yang meraih PPD 2021: Jawa Barat, Jawa Tengah, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bali, Jawa Timur dan Gorontalo.

Gubernur pun mengapresiasi  jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat. Sehingga Lampung menjadi salah satu dari 10 Provinsi terbaik yang meraih PPD Tahun 2021.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan melalui Penyusunan RKP Tahun 2022, pondasi paling awal dari pemulihan ekonomi adalah pengendalian Covid-19.

"Kita harus mempercepat belanja pemerintah terutama berbagai bentuk bantuan sosial, padat karya serta mendorong belanja masyarakat," ujarnya.

Jokowi menyebutkan, perlu ada dorongan agar industri mulai bangkit, para pekerja mulai bekerja. Namun tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jokowi juga meminta semua kementerian, lembaga dan pemerintah daerah harus sinergi dalam melaksanakan dan memanfaatkan reformasi struktural.

"Harus kita rencanakan sejak sekarang bahwa nilai tambah disektor industri harus ditingkatkan, ketahanan pangan harus meningkat dan pemulihan sektor pariwisata harus berjalan dengan baik," katanya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW



Leave a Comment