Tim PKM Unila Latih KWTH Desa Kububatu

img
Tim PKM Unila memaparkan materi pelatihan kepada anggota KWTH Desa Kububatu

MOMENTUM, Waykhilau--Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk menyokong keberhasilan upaya pelestqrian hutan secara berkelanjutan.

Terkait hal tersebut Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan pelatihan kepada Kelompok Wanita Tani Hutan (KWTH) Desa Kububatu, Kecamatan Waykhilau, Kabupaten Pesawaran.

Pelatihan tersebut diikuti 20 anggota KWTH setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Materi pelatihan yang diberikan, meliputi: praktik pembibit tanaman kayu-kayuan dengan sistem multy purpose tree species—pengelolaan lahan dengan menanam berbagai jenis tanaman yang kayu, buah dan daunya bernilai ekonomi: dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Salain itu, anggota KWTH Desa Kububatu juga mendapatkan pelatihan pembuatan pupuk cair,  herbisida dan pengolahan tanaman obat untuk trapi penyembuhan covid-19.

"Pelatihan ini bagian dari upaya PKM Unila dalam membantu upaya pelestarian hutan  secara berkelanjutan dengan pola agroforestri," kata Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Tim PKM Unila Rahmat Safe'i.

Dia berharap, melalui pelatihan tersebut, masyarakat semakin paham dalam memanfaatkan potensi hutan untuk menunjang perekonomian dengan tetap menjaga kelestariannya.

Tim PKM Unila yang menyelenggaran pelatihan kepada KWTH Desa Kububatu itu, terdiri dari: Agung Abadi Kiswandono dari Jurusan Kimia FMIPA dan Rio Tedi Prayitno dari Jurusan Agrobisnis Fakultas Pertanian. Ditambah mahasiswa Jurusan Kehutanan Fakultas Pertauan  Unila:  Elmo Rialdy Arwanda, Irlan Rahmat Maulana, Citra Farshilia Gayansa Rezinda, Eka Nala Puspita, dan Cici Doria. (**)

Laporan: Tim PKM Unila

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos