Pemerintah Pusat Siapkan Kapal Pelni untuk Isoter

img
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto didamping Gubernur Arinal Djunaidi dan Kepala BNPB memberikan keterangan pers.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah pusat menyiapkan isolasi terpusat untuk pasien covid-19. Salah satunya dengan fasilitas Kapal Pelni.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Airlangga Hartarto mengatakan, pembiayaan Kapal Pelni tersebut sudah ditanggung pemerintah pusat.

"Namun kita hanya meminta dukungan daerah untuk menyiapkan tenaga kesehatannya. Tapi, jika diperlukan BNPB siap untuk nakesnya," kata Airlangga di Mahan Agung, Jumat (13-8-2021).

Karena itu, Airlangga meminta Gubernur Arinal Djunaidi untuk memfinalisasi terkait penggunaan Kapal Pelni sebagai tempat isolasi tepusat.

"Kemarin sudah ada pembicaraan dengan Kementerian Perhubungan dan Walikota Bandarlampung. Ini yang mungkin pak gubernur bisa finalisasi," sebutnya.

Dia juga meminta agar Polda Lampung dan Korem serta jajarannya cepat menyisir pasien covid-19 yang isolasi mandiri. Lalu dibawa ke tempat isolasi terpusat. 

"Karena angka kematian itu dari mereka yang isoman namun telat mendapat intervensi medis dan mereka juga punya komorbid," tuturnya.

Dia memastikan dengan adanya tempat isolasi terpusat akan membantu memutus matarantai penyebaran covid-19.

Sebab, menurut dia, jika pasien covid-19 isolasi mandiri di rumah dikhawatirkan akan menularkan ke yang lainnya. 

"Karena kasus delta itu tingkat penularannya 8 kali. Jadi satu orang menularkan delapan orang. Sehingga ini menjadi penting," tuturnya. (**)

Laporan/Editor: Agung Darma Wijaya






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos