Sebelas Sekolah Terima Adiwiyata dari Pemprov

img
Penyerahan penghargaan adiwiyata tahun 2021 di Dinas Lingkungan Hidup

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebelas sekolah menerima penghargaan Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Senin (4-10-2021).

Penghargaan Adiwiyata itu diberikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung nomor G/312/V.10/HK/2021 tertanggal 3 Juni 2021.

Sebelas sekolah yang menerima itu: MTS Negeri 1 Batanghari Lampung Timur, MIN 2 Balikbukit Lampung Barat, SMP Negeri 1 Seputihagung Lampung Tengah, SMPN 3 Bukit Kemuning Lampung Utara dan SMPN 5 Pringsewu.

Kemudian, MIN 2 Adiluwih Pringsewu, SMPN 6 dan SMPN 11 Tanjungraya Mesuji, MIN 1 Pekalongan Lampung Timur, SND 10 dan SDN 8Metro Pusat.

Menanggapi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Lampung Kusnardi berharap, penghargaan tersebut akan meningkatkan nilai kepedulian sekolah terhadap lingkungan. 

"Diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, ramah lingkungan, pendidikan lingkungan yang diajari sejak kecil, ini sangat perlu," kata Kusnardi usai menyerahkan penghargaan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lampung.

Menurut dia, lingkungan yang sehat dan bersih harus dijaga. Terlebih saat ini mengalami penurunan dari degradasi lingkungan perlu diperbaiki. 

"Jadi gredarasi lahan ini berdampak pada lingkungan. Kita harus bisa menghargai dan lingkungan," sebutnya.

Sementara, Plt Kepala DLH Lampung Murni Rizal mengatakan, penghargaan tersebut selalu diberikan setiap tahunnya. Pemenang itu dipilih sesuai dengan kriteria, dan dianggap yang paling baik. 

"Setiap tahunnya, Pemprov memilih pemenang sesuai dengan penilaian. Kita himpun dari sekolah yang terbaik sehingga tidak menentu bukan berarti tiap pemenang 11 daerah yang dipilih," jelasnya. 

Dia mengatakan, DLH akan terus membina dan mengawasi. Diharapkan, semua pihak ikut terlibat dalam melestarikan lingkungan

"Semua harus peduli terhadap lingkungan hidup karena untuk kita semua, sebelum semua terlambat," harapnya.

Dia juga menyebutkan, penerima penghargaan tersebut akan diusulkan ke pusat untuk mengikuti lewat nasional. 

"Nanti nama daerah yang menang akan diikutsertakan ke pemilihan nasional. Untuk kriteria Adiwiyata diantaranya kepedulian dan peran serta sekolah dalam lingkungan hidup," sebutnya.

Seperti budaya bersih, dan peserta didiknya dapat melakukan untuk sampah bisa diolah, di daur ulang dan mengenai lingkungan misal bisa menanam pohon. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos