Capaian Vaksin Ditarget 50 Persen

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung usahakan vaksinasi pencegahan covid-19 mencapai 50 persen hingga akhir Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana memastikan, target tersebut bisa terpenuhi asalkan dosis vaksin yang dikirimkan mencukupi.

"Kami usahakan akhir Oktober ini capaian vaksinasi berada diangka 50 persen. Tapi ini tergantung dengan vaksin yang kami dapatkan dan semoga tidak ada keterlambatan," kata Reihana saat diwawancarai, Selasa (5-9-2021).

Dia menjelaskan, target vaksinasi di Lampung sekitar 6.645.226 jiwa. Sehingga dibutuhkan sekitar 14 juta dosis vaksin untuk memenuhi target tersebut.

"Tapi yang sudah kita terima baru 3.400.640 dosis vaksin. Jadi masih ada kekurangan 11.218.857 dosis lagi," sebutnya. 

Untuk mencapai target vaksinasi 50 persen, dia menyebut, dibutuhkan sekitar 5.775.554 dosis vaksin lagi.

Karena itu, dia berharap, kebutuhan dosis vaksin tersebut bisa terpenuhi. Sehingga, vaksinasi di Lampung bisa mencapai 50 persen.

Selain itu, Dinkes juga telah melakukan simulasi vaksinasi dengan melihat kemampuan vaksinator dan fasilitas kesehatan. 

"Bandarlampung pernah dilakukan simulasi dalam satu puskesmas bisa melakukan penyuntikan hingga tujuh dosis. Kalau vaksinnya tersebut tentu bisa mencapai 50 persen," terangnya. 

Dia mengungkapkan, di Lampung ada 312 Puskesmas yang bisa melayani vaksinasi. Ditambah dengan pelayanan vaksinasi oleh TNI dan Polri. 

"Untuk tenaga vaksinatornya sekarang ada 2.191 yang memiliki sertifikat dari Kementerian Kesehatan," tutupnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos