Pringsewu Undang Investor Kembangkan Wisata di Bendungan Way Sekampung

img
Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengajak para investor berinvestasi kembangkan pariwisata di sekitar Bendungan Way Sekampung.

Wilayah yang belum lama diresmikan itu, dinilai memiliki potensi pariwisata. Terbuka peluang bisnis perhotelan, cottage, atau penginapan di sekitar waduk dan sepanjang jalur menuju bendungan.

Hal itu diungkapkan Bupati Pringsewu Sujadi saat talkshow dialog interaktif yang berlangsung di Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Rabu (6-10-2021).

Sujadi mengatakan peluang usaha pariwisata di Bumi Jejama Secancanan, khususnya di kawasan sekitar Bendungan Way Sekampung cukup menjanjikan.

Menurutnya Pringsewu memang tidak bisa memanfaatkan waduk secara langsung  untuk pertanian, karena daerah Pringsewu ini tinggi. "Sehingga  kami meminta pemanfaatan Bendungan Way Sekampung untuk penyediaan air baku dan pariwisata," ucapnya.

Selain itu Bupati Pringsewu  memimpikan nanti Pemkab Pringsewu dapat membuat dan mengelola destinasi wisata edukasi bertema pemanfaatan air.

"Pengembangan kepariwisataan di sekitar Bendungan Way Sekampung ini, sejatinya bukan saja wisata olahraga air seperti olahraga dayung dan lain sebagainya, tetapi juga yang lainnya seperti off-road, trail dan lainnya, dimana kondisi alamnya sangat mendukung,"terangnya.

Namun demikian, untuk pemanfaatan Bendungan Way Sekampung yang merupakan Proyek Strategis Nasional kebanggaan masyarakat Pringsewu ini masih menunggu regulasi yang mengaturnya.  Namun yang jelas untuk pemanfaatan bendungan ini jangan sampai merusak lingkungan dan ekosistem yang ada.

"Kami berharap masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk dapat melihat jauh ke depan. Untuk itu harus dikelola sedemikian rupa, sehingga keberadaannya menjadi berkah untuk kita semua," harap Sujadi. (*)

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos