Riana: Kedatangan Sandiaga Beri Semangat Pariwisata dan UMKM Lampung

img
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari mengatakan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan semangat pariwisata dan UMKM di Lampung.

"UMKM, pariwisata, kuliner di Lampung tak kalah dengan provinsi lain," katanya kepada Sandiaga Uno pada acara Creative Talkshow dan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 di Mal Boemi Kedaton, Bandarlampung. Sabtu (23-10-2021).

Acara tersebut dihadiri juga oleh Nur Asia Uno (isteri Sandiaga Uno), Kadis Pariwisata dan Ekraf Edarwan, Miss Universe Indonesia 2019 Frederika, WaliKota Bandarlampung Eva Dwiana, Walikota Metro Qomaru Zaman, serta bupati lainnya.

Pada kesempatan itu, Riana yang berpakaian batik siger sempat berpantun. "Satu titik/dua koma/Ibu Nur cantik/Pak Sandi yang punya," ujarnya disambut tepuk tangan dan komentar Menteri: Cakeeep!

Sementara menurut Menteri Sandiaga, dari beberapa kali kunjungan ke Lampung, hasil kreasi produk daerah ini semakin maju. Dengan digitalisasi, dia yakin pemasaran hasil kreasi-kreasi tersebut akan semakin mudah.

Pada acara yang dimeriahkan 22 stand usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) tersebut, Sandiaga Uno mengatakan ada dua tantangan terkait sektor pariwisata saat pandemi Covid-19 ini.

Pertama, bagaimana mengatasi pandemi Covid-19. Presiden Jokowi memperoleh penghargaan sebagai tokoh pariwisata dunia atas keberhasilannya memenangkan Global Tourism Forum Award Tahun 2021.

"Presiden Jokowi tokoh yang betul-betul berjuang untuk mengendalikan Covid-19, mulai dari vaksinasi, tes, tracing treatment, prokes yang terintegrasi Aplikasi Peduli Lindungi," ujar Sandiaga Uno.

Kedua, bagaimana wisatawan Nusantara (wisman) beralih dari rohali (rombongan hanya liat-liat) menjadi rojali (rombongan jadi beli).

Wisatawan tak hanya liat-liat, pengalaman, dan kesan tapi to buy, beli ekonomi kreatif. "Makanya, kita hadirkan 20 produk ekonomi kreatif dari Lampung," katanya.

Acara berlangsung meriah dengan menampilkan stand makanan dan pakaian, tapis dan batik Lampung yang membuat Sandiaga Uno mengapresiasi kemajuan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

Stand-stand tersebut antara lain menampilkan stand fesyen (Batik Bukit Selero), kriya (Batik Siger) dan kuliner (Darsa Keripik Buah Lampung dan Rumba Coffee). Pameran dimeriahkan dengan musik Tuan Muda Band, Anda&Brokenjeans dan Tn. Robertus.

Menteri Sandiaga Uno melihat stand pakaian dan mencicipi beberapa kuliner seperti di stand yang menyajikan es cendol pandan, kerupuk kemplang, dan stand kopi khas daerah ini. (*)

Editor: Nurjanah/Rls.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos