Brimob Polda Adu Tempur di Lahan Sawit

img
Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Lampung saat menggelar latihan tempur di area lahan sawit. Foto: IST

MOMENTUM, Gunungsugih--Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Lampung adu tempur di lahan sawit.

Pertempuran matra hutan itu, berlangsung di area lahan sawit Kampung Gedungharta, Kecamatan Selagailingga, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Pengerahan pasukan paramiliter milik Korps Bhayangkara menuju area lahan sawit itu, dipimpin Komandan Batalyon B Pelopor, Kompol Saifullah.

Meski demikian, hal itu merupakan simulasi penangkapan dengan mengaplikasikan latihan kemampuan jungle warfare (JW) atau pertempuran Hutan.

"Ini dilakukan, guna meningkatkan keamanan dan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), di wilayah hukum Polres Lamteng," kata Saifullah.

Menurut dia, peningkatan Kamtibmas itu terutama dalam rangka mengantisipasi kasus pencurian dan premanisme.

"Kemudian pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor (C3) hingga kelompok kriminal bersenjata," jelasnya.

Selain itu, latihan yang dilaksanakan di sekitar perbatasan Kabupaten Lamteng tersebut, guna mengenalkan Satuan Brimob kepada masyarakat.

"Tentunya, ini juga merupakan hasil dari kolaborasi bersama personel Polsek Selagailingga serta perangkat desa setempat," sebutnya. 

Tak hanya itu, Batalyon B Pelopor juga melaksanakan patroli cipta kondisi di sepanjang jalur Gunungsugih hingga Selagailingga.

"Tim patroli bergerak menuju wilayah yang disinyalir daerah rawan tindak pidana C3 dan aksi premanisme," terangnya.

Dia menyebutkan, hal itu sesuai perintah Kapolda Lampung melalui Komandan Satuan Brimob Kombes Pol. Wahyu Widiarso Suprapto.

"Tujuannya agar masyarakat dapat beraktifitas tanpa gangguan. Sehingga kegiatan masyarakat dapat terlaksana dengan aman dan lancar," harapnya. (**)


Editor: Vino Anggi Wijaya


Leave a Comment