Luar Biasa, Lima Tahanan Potong Jeruji Sel Polsek Pulaupanggung untuk Kabur

img
Polsek Pulaupanggung.


MOMENTUM, Tanggamus--Sebanyak lima orang tahanan Kepolisian Sektor (Polsek) Pulaupanggung melarikan diri alias kabur.


Hal itu disampaikan Kapolres AKBP Satya Widhy Widharyadi, Selasa malam (25-1-2022).


Menurut AKBP Satya, tahanan yang melarikan diri sebanyak lima orang pada Selasa dinihari sekira pukul 02.00 WIB. 


"Kelima tahanan ini melarikan diri dengan memanjat dinding dan memotong jeruji besi atas ruangan olahraga dan berjemur tahanan," kata AKBP Satya Widhy Widharyadi. 


Dia menerangkan, tahanan memotong besi menggunakan gergaji kemudian turun menggunakan tali yang sengaja dibuat dari sambungan kain. 


"Di lokasi ditemukan gergaji besi yang diduga digunakan untuk memotong jeruji ruang tahanan dan sedang dilakukan pendalaman terkait siapa yang membantu pelarian itu dengan memberikan gergaji," ujarnya. 


Kapolres menjelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi akibat adanya dugaan kelalaian petugas jaga tahanan atau petugas piket Polsek. 


"Diduga kelalaian petugas. Saat ini tim gabungan Reskrim dan Polsek maupun Polres masih berada di lapangan untuk mencari keberadaan tahanan yang melarikan diri," jelasnya. 


Kesempatan itu, Kapolres juga mengimbau para tahanan untuk menyerahkan diri dan mengikuti proses hukum.


"Kami imbau agar menyerahkan diri dan mengikuti proses hukum yang berlaku," imbaunya.


Menurut Kapolres, kelima orang tahanan tersebut ditahan dalam perkara pencurian dengan pemberatan (Curat) yang sedang dalam proses penyidikan sesuai laporan polisi pada 18 Desember 2021 atasnama pelapor Eva Diana Sari. 


Adapun identitas tahanan tersebut, diantaranya berinisial BU alias Bul (24), HR (18), DS (18), RI (28) warga Pekon Gunung Tiga Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dan HE (31), warga Dusun Kampung Asam Pekon Gunung Meraksa Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. 


"Hasil penyelidikan dan pengejaran, berhasil diamankan seorang tahanan berinsial DS (18) saat bersembunyi di wilayah Kecamatan Ulu Belu, Tanggamus," jelasnya. 


Ditambahkannya, tindak lanjut terhadap empat tahanan yang belum tertangkap masih dalam pencarian tim gabungan dan juga Polres Tanggamus telah melaksanakan pendekatan kepada pihak keluarga melalui kepala pekon untuk memberitahukan kepada tim agar dilakukan penjemputan. 


"Mohon doa semua masyarakat agar para tahanan yang melarikan diri dapat kembali ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya." tutupnya. (glh/jal)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos