Tersangka Pencuri Kabel Telkomsel Ditangkap Polisi

img
Tersangka pencuri kabel Telkomsel ditangkap aparat Polsek Gedongtataan

MOMENTUM, Gedongtataan--Satu terduga pencuri kabel Telkomsel ditangkap aparat Kepolisian Sektor Gedongtataan, Pesawaran.

Kapolsek Gedongtataan, Kompol Hapran menyebut terduga pelaku berinisial HN, lelaki berusia 41 tahun, warga Kelurahan Labuhandalam, Kecamatan Tanjungsenang, Bandarlampung.

Terduga pelaku ditangkap pada Kamis 3 Maret 2022, sekitar pukul 05.45 WIB oleh tim Tekab 308 Polsek Gedongtataan.

"Ketika diinterogasi pelaku mengaku telah melakukan tindak pidana pencurian kabel tembaga milik PT Telkomsel di Desa Kurungannyawa, Kecamatan Gedongtataan," ungkapnya mewakili Kapolres Pesawaran, AKBP Pratomo Widodo, Jumat (4-3-2022).

Hapran menyebut, pelaku mencuri kabel tembaga grounding, dengan cara masuk ke area tower Telkomsel dengan melompati pagar merusak kawat berduri lalu pelaku mencongkel tutup bak grounding menggunakan linggis untuk melepaskan baut kabel panel dari dalam tanah.

"Kemudian pelaku memutus kabel yang berada di luar tembok gudang dan yang berada di atas tower menggunakan tang, dan pelaku juga mencongkel besi penutup kabel menggunakan linggis," kata Kapolsek Gedongtataan.

Menurut Hapran, saat pencurian itu berlangsung, salah satu warga setempat sempat memergoki lantas memberikan informasi kepada pihak Polsek Gedongtataan.

"Setelah itu Tim Tekab 308 Polsek Gedongtataan yang dipimpin oleh Iptu. Bambang Heryanto mendatangi lokasi, selanjutnya pelaku beserta barang bukti tersebut berhasil dibawa oleh Tim Tekab 308 Polsek Gedongtataan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," katanya.

Terduga pelaku diamankan berikut barang bukti berupa, satu bilah linggis, satu tang gegep, satu karung warna putih merk payung, kabel tembaga grounding sekitar 30 meter, serta besi penutup kabel grounding.

"Pelaku dijerat pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun kurungan penjara," tegas Hapran. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos