Tingkatkan Patroli, PT KAI Jamin Keselamatan Penumpang

img
Petugas menunjukkan material rel kereta api yang disikat pencuri.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang menjamin keselamatan penumpang dengan meningkatkan partroli perlintasan. Alasanya, masih banyak tindak pidana pencurian bantalan rel pada perlintasan kereta api (KA) di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Kabag Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih, Senin (28-3-2022).

"Aksi pencurian barang milik PT KAI kerap diketahui saat jajaran pengamanan Divre IV Tanjungkarang melakukan patroli. Seperti halnya pada Selasa (22-3) malam kemarin," kata Jaka.

Dia mengatakan, kasus pencurian itu dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA. "Dan Kamis (24-3) kemarin, petugas bersama tim Sareskrim Polsek Baturaja Timur membekuk tiga orang terduga pelaku pencurian material milik PT KAI di Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," katanya.

Dari penangkapan itu, Jaka mengatakan, petugas tengah melakukan pengembangan kasus pencurian material prasarana sarana kereta api lainnya agar memberikan efek jera bagi pelaku pencurian.

Material-material prasarana yang dicuri tersebut, menurut Jaka, merupakan elemen-elemen penting untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api.

“Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan pribadi secara sadar maupun tidak sadar telah membahayakan para penumpang maupun barang yang diangkut kereta api,” tegas Jaka.

Saat ini, sambung Jaka, PT KAI Divre IV Tanjungkarang pun melakukan serangkaian langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang.

Jaka memaparkan, Divre IV Tanjungkarang dengan wilayah operasional yang sangat luas berada disepanjang rel Kereta Api dari Prabumulih sampai Tanjungkarang yang meliputi 2 wilayah provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Lampung, tentu merupakan hal yang tidak mudah menjaga objek vital ini.

”Selama ini pengamanan objek vital di wilayah Divre IV Tanjungkarang mendapatkan dukungan penuh dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan dan Lampung beserta polres-polres wilayah yang dilalui perjalanan kereta api, kami sangat mengapresiasi dukungan ini, dan mengajak semua pihak dan stakeholder terkait untuk ikut membantu menjaga perjalanan kereta api,” pungkasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos