Pesawaran Daftarkan 12 Desa di Ajang ADWI 2022

img
Pariwisata desa Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran. Ist

MOMENTUM, Gedongtataan-- Kabupaten Pesawaran mendaftarkan 12 desa dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa mengatakan gelaran ADWI 2022 dapat menjadi media promosi pariwisata berbasis pedesaaan yang ada di Bumi Andan Jejama.

"Pesawaran resmi mendaftarkan sebanyak dua belas desa wisata untuk mengikuti ajang ADWI 2022 Kemenparekraf, tergetnya minimal masuk dalam nominasi lima puluh besar," katanya, Rabu (13-4-2022).

Menurut dia, dari belasan desa yang mewakili Pesawaran, empat diantaranya memiliki peluang besar untuk masuk dalam nominasi lima puluh besar nasional. Empat desa itu terdiri dari: Desa Pulau Pahawang, Talangmulya, Harapanjaya, serta Desa Purworejo.

"Keempatnya memiliki prluang untuk masuk lima puluh besar. Mulai dari wisata pantai, wahana kemah keluarga, air terjun hingga wisata embung. Semua itu dikelola oleh desa melalui skema pariwisata berbasis komunitas," jelasnya.

Menurut dia, pariwisata berbasis komunitas atau comunity based tourism menjadi salah satu syarat suksesnya pengelolaan pariwisata di desa. Dengan demikian, aparat desa dan masyarakat harus proaktif dalam pengelolaan pariwisata yang ada di desa.

Diketahui, sebanyak 66 desa wisata mewakili Provinsi Lampung dalam ajang ADWI 2022, berasal dari tiga kabupaten. Kabupaten Pesawaran sebanyak 12 desa, Lampung Utara, Lampung Barat delapan desa.

"Saat ini masih dilakukan penilaian untuk 3000an desa yang menjadi peserta ADWI. Jika prosesnya lancar nanti sekitar bulan Juli sudah masuk penilaian nominasi seratus besar, dan di bulan Nopember sudah masuk dalam lima puluh besar nominasi desa wisata terbaik," tuturnya. (*).


Editor: Agung Darma Wijaya


Leave a Comment