Gubernur, Menhub dan Kapolri Rakor Penanganan Arus Balik

img
Rakor penanganan Arus Balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni

MOMENTUM, Bakauheni--Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Sabtu (7-5-2022).

Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Arus Balik Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni yang dihadiri sejumlah pejabat.

Seperti, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno Direktur Utama PT ASDP, Basarnas dan BMKG.

Menhub menjelaskan, kegiatan itu merupakan wujud kolaborasi dan sinergitas yang dilakukan pemerintah dalam penanganan arus balik.

Budi menyebutkan, Kemenhub juga telah melakukan upaya-upaya maksimal untuk memperlancar arus mudik dan balik tahun 2022.

"Saya pikir apa yang kita lakukan ini luar biasa, ini tidak lain perintah Presiden pada kami pada saat rapat, layani masyarakat dengan baik," jelasnya.

Dia mengatakan, berdasarkan data masih ada 60 persen pemudik di Pulau Sumatera yang belum kembali ke Jawa.

Karena itu, dia menyarankan, para pemudik menunda kepulangan ke Jakarta atau Jawa.

"Tundalah hari Senin, Selasa, atau Rabu. Toh pemerintah juga sudah memberikan hak cuti. Pemerintah juga sudah memberikan ijin kepada anak-anak kita untuk daring," harapnya.

Sementara, Kapolri menjelaskan, berdasarkan grafik pelayanan arus balik di Pelabuhan Bakauheni terus meningkat dalam dua hingga tiga hari ini.

"Tentunya kita melihat skema dalam menghadapi puncak arus balik, bagaimana dari mulai mengatur rest area sebagai tempat untuk menampung manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga," sebutnya.

Menurut dia, sarana prasarana penyeberangan terus ditambah untuk mengantisipasi membludaknya pemudik yang hendak kembali.

"Tujuh dermaga ada di Pelabuhan Bakauheni, lalu ditambah lagi dengan dermaga yang ada di Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ)," terangnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk dapat mengatur waktu arus balik. Bahkan beberapa kementerian telah mengambil kebijakan agar arus balik berjalan lancar.

"Rekan-rekan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha juga memberikan semacam relaksasi antara lima hari satu pekan. Tanpa harus mengurangi kewajiban melaksanakan tugasnya, bisa memanfaatkan teknologi dengan menerapkan Work From Home (WFH)," jelasnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos