Pringsewu Bakal Catat Sejarah Baru, Pemilihan Kepala Pekon Dengan dengan E-Voting

img
Pihak Kepolisian Polres Pringsewu menyaksikan simulasi pemilihan kepala pekon (pilkakon) secara digital atau e-voting.

MOMENTUM, Pringsewu -- Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung bakal mencatatkan sejarah baru. Pemilihan kepala pekon/desa (pilkakon) dilakukan dengan sarana digitial atau e-voting.

Pilkakon digelar serentak di 19 desa yang tersebar di delapan kecamatan pada 18 Mei 2022. Kandidat yang ikut berkompetisi berjumlah 55 orang.

Untuk menjamin stabilitas keamanan pilkakon, Polres Pringsewu menyiapkan sekenario pengaman dan menerjunkan sejumlah personel yang dibackup TNI.

Kabag Operasi Polres Pringsewu Kompol Martono mewakil Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengikuti pilkakon secara e-voting di Balai Pekon Wonodadi, Gadingrejo, Rabu (11-5-2022)

Selain jajaran kepolisian, simulasi pilkakon juga dihadiri Bupati Pringsewu Sujadi, Ketua DPRD Suherman, Dandim 0424 dan  Kajari Pringsewu.

Bahkan, Kadis PMDT Provinsi Lampung, para kepala dinas/instansi, camat, para calon kepala pekon, panitia pilkakon, masyarakat, turut menyaksikan.

Simulasi pilkakon secara e-voting yang baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Lampung, tersebut, dipandu tim teknis smart village Provinsi Lampung

Martono mengatakan, pihak kepolisian dengan dibackup TNI telah siap untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi tingkat pekon tersebut.

"Tujuannya adalah memastikan keamanan, kelancaran, ketertiban dan juga memastikan  tidak adanya pelanggaran prokes pencegahan Covid-19 dalam hal pelaksanaan Pilkakon di Kabupaten Pringsewu,”jelasnya.

Polisi juga sudah memetakan kerawanan pilkakon, dengan melakukan identifikasi awal wilayah rawan. Sehingga jumlah personel yang bertugas di tempat pemungutan suara disesuaikan dengan kondisi lapangan.

"Kita berharap bersama dan berdoa bersama, semoga pilkakon di kabupaten Pringsewu aman, tertib dan bebas dari Covid-19,”harapnya. (*)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos