Kiprah Erick Thohir di Lampung: Kegiatan Sosial, Pergerakan Ekonomi Rakyat hingga Keagamaan

img
Penyerahan bantuan santunan untuk ratusan anak yatim piatu/dhuafa dari Majelis Dzikir At-Thohir.

MOMENTUM, Mesuji--Kiprah atau pergerakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Provinsi Lampung semakin menguat. Salah satunya yakni pembinaan terhadap Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji.

Meski baru terbentuk, pelantikan pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan tabligh akbar yang dihadiri ribuan jemaah.

Dalam kegiatan turut dilaksanakan pemberian santunan kepada ratusan anak yatim-piatu dan halalhihalal kader penggerak NU PBNU di Pondok Pesantren Darul Huda, Desa Bangunjaya Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Senin (16-5-2022).

Hadir dalam tabligh akbar dan pelantikan pengurus Majelis Dzikir At-Thohir yakni, Ketua PCNU Kabupaten Mesuji, Ketua Fatayat NU Kabupaten Mesuji, perwakilan Kapolsek Tanjungraya, perwakilan Koramil Tanjungraya dan ratusan kader NU.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji Ustaz Samingan menyampaikan terima kasih kepada Pembina Umum Majelis Dzikir At-Thohir, Erick Thohir yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya, serta memberikan santunan kepada ratusan anak yatim-piatu serta bantuan pondok pesantren. 

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada bapak Erick Thohir yang sudah memberikan kepercayaan dan memfasilitasi Kabupaten Mesuji membentuk Majelis Dzikir At-Thohir. Dengan pelantikan ini semoga pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji bisa berkomitmen dan menjalankan apa-apa yang sudah menjadi peraturan, dan tata tertib yang ada di Kabupaten untuk umat di Mesuji,” ujar Ustaz Samingan.

Ustaz Samingan berharap Majelis Dzikir At-Thohir tidak hanya konsen pada kegiatan keagamaan, namun konsen kepada seluruh kegiatan baik agama, sosial hingga pergerakan ekonomi rakyat di Kabupaten Mesuji. Alasannya, organisasi-organisasi keagamaan sudah banyak konsen di bidang keagamaan dan masih banyak yang luput dari kegiatan sosial dan pergerakan ekonomi rakyat. 

“Sebagai perwakilan Majelis Dzikir At-Thohir, organisasi ini baiknya tidak hanya bergerak di bidang keagamaan, maksud saya Majelis Dzikir itu baiknya melayani dari semua lini, baik ekonomi kerakyatan, sosial sehingga ke depan kita bisa bergerak di semua lini, kalau hanya bergerak di bidang keagamaan, organisasi Islam lainnya seperti NU, Muhammadiyah dan lainnya sudah terlebih dahulu melakukannya dengan baik,” ucapnya.

Ustaz Samingan memastikan, ada beberapa program unggulan yang sudah disiapkan oleh Pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji, seperti membentuk kelompok usaha bagi masyarakat yang kemudian bisa disandingkan dengan program-program Pemerintah. 

“Kalau program sementara kami akan membentuk sebuah kelompok usaha yang nantinya saya harap bapak pembina pusat (Erick Thohir) bisa memberikan pendampingan, dan memfasilitasi kami pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Mesuji,” jelasnya.

Sementara pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda KH Abdul Karim mendoakan Menteri BUMN Erick Thohir agar selalu Istiqomah dalam membantu masyarakat lewat program-program unggulannya.

“Muda-mudahan bapak Erick Thohir sebagai pembina dan Menteri BUMN, semoga acara-acara seperti ini menjadi amal jariah bagi beliau, dan semoga beliau selalu amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri BUMN,” ucapnya.

Kyai Abdul Karim juga berharap ke depan program-program kerja pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Mesuji bisa bersinergi dengan Nahdlatul Ulama (NU), dan membawa keberkahan bagi masyarakat di Mesuji. 

“Muda-mudahan Majelis Dzikir At-Thohir di Mesuji ini bersinergi dengan NU dan akan menjadi majelis dzikir yang besar serta menjadi majelis dzikir yang tentu bermanfaat kepada kita sekalian dan bermanfaat pada umumnya buat masyarakat di Mesuji,” ungkapnya.

“Semoga kehadiran majelis dzikir ini juga membawa keberkahan bagi masyarakat Mesuji, khususnya penggerakan ekonomi masyarakat karena pembina utamanya seorang Menteri BUMN yang selalu berjuang memperbaiki ekonomi bangsa,” tambahnya.

Diakhir acara tabligh akbar, pelantikan pengurus Majelis Dzikir At-Thohir dan Halal Bihalal, pengurus pusat yang diwakilkan oleh koordinator Majelis Dzikir At-Thohir Provinsi Lampung Syamsir Firdaus menyerahkan santunan kepada ratusan anak yatim-piatu dan bantuan dana kepada Pondok Pesantren Darul Huda.(**)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment