Bupati Pesibar Harapkan Presiden Buka Krui Pro

img
Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

MOMENTUM, Jakarta -- Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal mengundang Menteri Pariwisata Sandiaga Uno untuk menghadiri Krui Pro Surfing International pada 11-17 Juni 2022.

Selain itu, Agus juga meminta Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif untuk meyakinkan Presiden RI agar bersedia membuka even internasional yang digelar Pemkab Peibar sejak 2017 tersebut.

Hal itu disampaikan Agus Istiqlal saat menyampaikan rencana pelaksanaan Krui Pro kepda Menteri Pariwisata di Balai Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 23 Mei 2022.

Menurut Agus, Krui Pro akan berdampak terhadap perekonomian Pesisir Barat. Mulai dari penerbangan, transportasi, pedagang-pedagang lokal, penginapan, hingga rumah makan.

"Karena kita yakin bahwa surfing internasional ini akan mendatangkan wisman dalam jumlah yang cukup banyak," jelasnya.

Alasannya, ombak tempat berlangsugnya Krui Pro, Pantai Tanjung Setia, memiliki keunggulan tersendiri. "Kalau biasanya ombak itu gulungannya ke kanan, di Pesisir Barat ini menggulung ke kiri, dan bagi orang-orang Barat ini katanya favorit sekali," katanya.

Karena itu, dia menyatakan, ajang bergengsi WSL (word league surf) QS 5000 Krui Pro akan banyak mendatangkan dampak positif terhadap perkembangan dan kemajuan pariwisata Pesir Barat.

Kejuaraan internasional tersebut, secara langsung dapat mempromosikan destinasi wisata unggulan yang ada di Pesisir Barat ke kancah internasional. Sehingga diharapkan bisa menarik wisatawan baik lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Pesisir Barat.

Krui Pro 2022 merupakan yang keempat. Pertama digelar pada 2017 dengan QS1000. Kemudian, Krui Pro 2018 dengan QS1500, Krui Pro 2019 dengan QS3000 Man QS1500 Woman. Pada 2020 dan 2021 tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19. Pada 2022 Krui Pro 2022 dengan QS5000 kembali digelar.

Untuk sukseskan event kejuaraan dunia tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak. Bupati Pesisir Barat berharap kegiatan tersebut dapat mendongkrak ekonomi setempat khususnya di Pesisir Barat.

Turut dalam kunjungan itu, Anggota DPRD Pesisir Barat Agus Cik, Ahd.Muhyan, Ripzon Efendi, Aris Ikhwanda, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kadis Pariwisata, Kadis Kesehatan, Sekwan, Kadis Dispora, Kepala Bapelitbangda dan kabag  Ekonomi. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos