KPH XIII Tanam Seribu Bibit Mangrove

img
Aksi penanaman seribu bibit mangrove oleh jajaran UPT KPH XIII Lampung Selatan.

Harianmomentum.com--Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) XIII Gunung Rajabasa, Way Pisang, Batu Serampok menggelar aksi penanaman mangrove. Kegiatan yang melibatkan 75 anggota KPH dan masyarakat itu dipusatkan di kawasan Register I Way Pisang, Parit I Desa Berundung, Kecamatan Ketapang, Kamis (18/10).

Kepala UPT KPH XIII Wahyudi Kurniawan, mengatakan tujuan aksi penanaman mangrove itu, untuk mencegah meluasnya dampak aberasi di kawasan pantai tersebut.

"Lebih kurang seribu bibit mangrove yang kita tanam hari ini , pada areal pantai seluas satu hektar. Aberasi di kawasan ini, dipicu aksi penebangan mangrove oleh oknum tak bertanggung jawab,” kata Wahyudi pada harianmomentum.com.

Hal senda disampaikan Kepala Unit Satuan Polisi Hutan  KPH VIII Bambang Suharto. Menurut dia, penanaman mangrove itu, juga bertujuan menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk berperan aktif menjaga kelestarian alam.


"Kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan harus terus dibangkitkan. Ini untuk mencegah dampak negatif kerusakan alam,” kata Bambang.

 

Dia menerangkan, bibit mangrove yang ditanam itu berasal dari pusat pembibitan di Kecamatan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran.

 

Kepala Tata Usaha UPT KPH XIII Khairul Anwar menerangkan, fungsi pohon mangrove selain menjaga kesetabilan alam di kawasan pantai, juga sebagai tempat berkembang biak berbagai jenis satwa laut.


"Mangrove juga dapat memperluas daratan, karena endapan dan tanah yang ditahan menumbuhkan perkembagan garis pantai dari waktu ke waktu. Karena itu , mari kita jaga kelestarian alam dan pantai,” ajaknya. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos