Kementan Buka Peluang Beasiswa SDM Sawit 2022

img
Ilustrasi.

MOMENTUM, Jakarta--Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (DI, DII, DIII dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022 (Beasiswa SDM Sawit 2022). Pendaftaran beasiswa ini telah dibuka sejak 15 Juni 2022.

Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian Ir Baginda Siagian MSi dalam Seminar SEVIMA, Jumat (17-6), menyatakan bahwa program ini diharapkan dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang dapat terus secara konsisten dapat berperan dalam meningkatkan industri perkelapasawitan di Indonesia. Beasiswa ini juga dibuka khusus hanya untuk pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun kelapa sawit dan sumberdaya manusia lainnya yang bergerak di bidang perkelapasawitan ASN yang bertugas di bidang kelapa sawit.

“Pembukaan (beasiswa) dilaksanakan tanggal 15 Juni 2022, sasarannya pekebun, keluarga pekebun, karyawan/pekerja pada usaha budidaya dan/atau pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit, keluarga karyawan/pekerja pada usaha pada usaha budidaya dan/atau pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit yang terdiri dari anak/istri atau suami, Pengurus/Anggota koperasi/Lembaga, dan ASN (PNS dan PPPK) yang bergerak dalam perkelapasawitan,” ujar Direktur Perlindungan Perkebunan, Ir. Baginda Siagian, MSi.

Guna memudahkan pendaftaran dan seleksi nasional Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 ini, Direktorat Jenderal Perkebunan (DITJENBUN) akan menggunakan sistem seleksi dan penerimaan beasiswa dari Education Technology SEVIMA. Kerja sama antara DITJENBUN dan SEVIMA ini untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran beasiswa. Dan sebagai wujud pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai kemudahan akses. Sistem ini sekaligus mempermudah panitia beasiswa dalam seleksi nasional, pendaftaran, validasi berkas hingga penyaluran penerima beasiswa ke perguruan tinggi jadi lebih efektif dan efisien.

“Kami menggandeng SEVIMA agar semua peserta yang menjadi sasaran penerimaan beasiswa kelapa sawit dapat dengan mudah mengakses dan mendaftar sebagai calon penerima beasiswa.” Ujar Baginda.
Baginda menambahkan, untuk informasi, Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 ini bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi sebagai kampus tujuan berkuliah. Diantaranya; Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY-STIPER), Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE), Politeknik Kampar, STIPER Agrobisnis Perkebunan (STIPAP), Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB-BEKASI), Institut Pertanian Stiper Jogjakarta, untuk mencetak lulusan yang kompeten.

Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 diberikan setingkat Diploma I, Diploma II, Diploma III atau Diploma IV (Vokasi) dengan kompetensi kelapa sawit. Kompetensi dan jurusan yang dapat dipilih mahasiswa diantaranya: 1) Pemuliahan/Pembenihan/Pembibitan Kelapa Sawit; 2) Budidaya/pemeliharaan tanaman kelapa sawit; 3) Teknologi produksi tanaman perkebunan kelapa sawit; 4) Teknologi Pengolahan hasil kelapa sawit; 5) Teknik kimia; 6) Teknik mesin; 7) Perawatan dan perbaikan mesin; 8) Akuntansi Teknologi informatika; dan 9) Manajemen logistik kelapa sawit.

Beasiswa juga dapat diberikan setingkat strata 1 (akademik) dengan minat atau kompetensi kelapa sawit, dengan program studi antara lain: Agroteknologi; atau Agribisnis.

“Beasiswa ini sudah diselenggarakan sejak lama, dan tahun lalu memiliki kuota sebanyak 660 orang. Tahun 2022 ini Ditjen Perkebunan mengusulkan beasiswa sebanyak 1.000 penerima. Dengan lebih banyak lagi beasiswa, keluarga pekebun dan SDM lainnya yang terkait bisa memanfaatkan dana beasiswa ini sehingga ke depan turut membangun perkelapasawitan di daerah/lokasi masing-masing,” lanjut Baginda.

Semua peraih beasiswa akan memperoleh fasilitas beasiswa SDM Sawit 2022 berupa transport pulang pergi kampung halaman menuju kampus, biaya pendidikan penuh, kesempatan magang di perkebunan besar dan sertifikat kompetensi. Peraih beasiswa juga akan mendapatkan uang tunai untuk biaya asrama/kos, uang saku, dan uang buku, yang besarannya disesuaikan dengan Standar Biaya yang telah ditetapkan.

“Para peminat bisa memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengunjungi beasiswasdmsawit . id. Segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada 19 Juli 2022!,” pungkas Baginda. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos