MA Luluskan 1.607 Pelamar Calon Hakim

img
Gedung Mahkamah Agung. Foto: Net

Harianmomentum.com--Mahkamah Agung (MA) menyatakan sebanyak 1.607 peserta lulus seleksi calon hakim 2017.

 

"Untuk tahun anggaran 2017 ini kami umumkan sebanyak 1.607 peserta dinyatakan lulus," ujar Sekretaris MA Acmad Setyo Pudjoharsoyo di Gedung MA, Jakarta, Jumat (3/11).

Dia menjelaskan, sebelumnya sebanyak 1.684 peserta dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB), namun 77 peserta digugurkan karena beberapa hal.

"Misalnya ada yang masih berstatus PNS, kemudian ada yang tidak dapat membaca kitab dari peserta untuk peradilan agama, dan ada yang tidak mengikuti seluruhnya atau sebagian seleksi kompetisi bidang atau SKB," jelas Pudjo.

Seluruh peserta yang dinyatakan lulus diimbau segera melakukan registrasi ulang dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan, paling lambat 20 November.

Peserta yang lulus akan menjalani pendidikan pra jabatan selama enam bulan sebelum mengikuti pendidikan calon hakim selama dua tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan calon hakim dan ditetapkan secara sah sebagai hakim yang boleh mengadili perkara, para hakim baru akan ditempatkan di 808 pengadilan di seluruh Indonesia.

Jumlah pelamar dari seleksi calon hakim sendiri mencapai 30.716 orang, sedangkan MA memilliki kuota 1.600 calon hakim untuk tahun anggaran 2017. 
(rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos