Jihad Helmi Klaim Tingkat Kedisiplinan ASN Kota Metro Makin Baik

img
Inspektur Kota Metro, Jihad Helmi.

MOMENTUM, Metro--Tingkat kedisiplinan apratur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Metro dikalim setiap tahun semakin membaik.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Kota Metro, Jihad Helmi, Rabu (7-6-2023). "Tingkat kedisplinan ASN sejauh ini semakin baik. Dari tahun ke tahun kesadaran tentang disiplinnya cukup baik," kata dia.

Menurutnya, kedisiplinan ASN di Pemkot Metro semakin membaik lantaran adanya sosialisasi dan imbauan yang dilakukan satuan kerja terkait.

Ditambah dengan adanya absen rutin menggunakan aplikasi portal PNS yang saat ini sedang diujicobakan.

"Setiap jam kerja para ASN harus absen dan itu wajib. Karena jika tidak, maka akan ada sanksi yang akan diterima jika mereka melanggar. Dan itu pasti," tambahnya.

Meskipun begitu, lanjutnya, masih ada ASN maupun tenaga harian lepas (THL) yang masih melakukan pelanggaran. Namun pelanggaran ringan.

"Satu dua pasti ada. Tapi ya pasti akan diberikan sanksi dan di berikan imbauan. Karena jika sampai terulang, mereka sendiri yang rugi. Jadi pasti mereka inisiatif sendiri untuk tidak melanggar kedisiplinan," ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran berat yang dilakukan ASN maupun THL yang bertugas di masing-masing satuan kerja yang ada. Namun begitu, dia mengimbau ASN maupun THL yang ada untuk komitmen menegakkan displin agar program kerja yang dilakukan tidak terkendala.

"Kalau sanksi kan tergantung pelanggaran yang dilakukan. Tapi kan tetap, kami mengacu pada PP Nomor 53 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil," tegasnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos