Mayoritas Jemaah Kloter 49 Selesai Laksanakan Umroh

img
Pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah.//Harian Momentum

MOMENTUM, Mekkah--Hampir seluruh jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) JKG (Jakarta-Pondok Gede) 49 sudah selesai melaksanakan umroh.

Ketua Kloter JKG 49 Miftahuddin mengatakan, dari total 391 jemaah, hanya tinggal beberapa saja yang belum melaksanakan tawaf dan Sa'i.

"Hampir semua jamaah kloter 49 telah melakukan umroh. Hanya tinggal beberapa jemaah yang akan melakukan tawaf dan sa'i setelah Isya dan Subuh," kata Miftahuddin, Selasa (13-6-2023).

Menurut dia, jemaah yang tergabung dalam kloter 49 berasal dari beberapa yayasan haji dan umroh. Diantaranya Yayasan Asyifa.

Dia menyebutkan, para jemaah dari kloter 49 ditempatkan di Tower Tiga lantai 21, 22 dan 23. 

Dia juga memastikan, seluruh jemaah dalam kondisi baik, walaupun sempat terkendala masalah kamar di Hotel Al Kiswah yang berjarak kurang dari dua kilometer menuju Masjidil Haram.

"Meskipun banyak lansia dan butuh kursi roda tapi bisa diatasi bersama dengan yayasan yang membawa jemaahnya," tuturnya.

Sementara, Ketua Yayasan Asyifa HM Yani menjelaskan, ada 187 jemaah haji yang diberangkatkan melalui yayasannya.

"Dari jumlah itu, 184 sudah menyelesaikan tawaf dan sai. Tiga orang lagi malam ini, ba'da Isya," jelasnya.

Diketahui, jemaah yang tergabung dalam Kloter JKG 49 berangkat dari Indonesia pada 12 Juni 2023, pukul 09.00 WIB.

Total jemaah yang masuk dalam kloter JKG 49 ada 383 orang ditambah 8 petugas haji. Terdiri dari 171 laki-laki dan 220 perempuan. 

Untuk jemaah yang membutuhkan kursi roda ada 26 orang. Sedangkan ketersediaan kursi roda hanya 5 unit dan 4 tongkat. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos