Harkonas 2023, Pelaku Usaha Diminta Tingkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

img
Senam bersama dalam rangka memperingati Harkonas 2023

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh pelaku usaha di Lampung diminta untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya.

Sehingga, produk lokal mampu bersaing di pasar global guna menunjang perekonomian daerah dan nasional.

Hal itu disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto saat Senam Bersama dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2023 di PKOR Wayhalim, Jumat (16-6-2023).

"Diharapkan para pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global, yang pada gilirannya menunjang pemberdayaan ekonomi daerah dan nasional," kata Fahrizal membacakan sambutan Gubernur Lampung.

Pada kesempatan itu, dia menjelaskan, Pemprov Lampung telah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Menurut dia, BPSK merupakan lembaga yang memfasilitasi konsumen dapa jika merasa dirugikan dalam kegiatan perdagangan atau jual-beli.

Peringatan Harkonas juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya. Sehingga menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi, serta mewujudkan konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri.

"Perlindungan Konsumen terutama bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian   konsumen  untuk  melindungi diri, serta menumbuhkan kesadaran pelaku usaha, sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggungjawab dalam penyediaan barang dan/ atau jasa yang berkualitas," jelas Fahrizal.

Sementara, Direktur Pemberdayaan Konsumen Ivan Fitriyanto menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Arinal Djunaidi karena telah mengadakan kegiatan Harkonas.

Dia mengatakan, Kegiatan Harkonas tingkat provinsi tersebut merupakan yang kedua, setelah Papua Barat.

"Artinya Pak Gubernur sangat peduli kepada konsumen. Konsumen itu adalah masyarakat Lampung. Berarti Pak Gubernur peduli dengan masyarakat Lampung," kata Ivan. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos