Jusuf Kalla Buka Mukernas PMI

img
Pembukaan Mukernas PMI di Hotel Radisson Bandarlampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M Jusuf Kalla membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023 di Hotel Radison Bandarlampung, Senin (3-7-2023).

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Pengurus PMI setempat yang telah mendukung penyelenggaraan Mukernas tahun 2023 serta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR).

Dia mengingatkan para peserta Mukernas PMI terkait niat dan pengabdian Kepalangmerahan. Sebagaimana prinsip-prinsip dasar kerja PMI.

"Seperti kita ketahui, Kepalangmerahan di Dunia dimulai pada tahun 1859 atas ide dan rasa kemanusiaan yang terlahir atas banyaknya korban perang. Sehingga dibutuhkan upaya kemanusiaan untuk mengatasi itu," jelasnya.

"Kemudian berkembang, bukan hanya masalah perang, tapi masalah kemanusiaan pada umumnya," tambahnya.

Dia menjelaskan, PMI didirikan pada 17 September 1945, sebulan setelah Kemerdekaan yang diKetuai oleh Wakil Presiden Moh. Hatta.

"PMI ini lebih dahulu didirikan dari pada lembaga penting lainnya. Artinya PMI begitu urgent, sehingga didirikan satu bulan setelah Kemerdekaan," tuturnya.

Menurut dia, dasar asas palang merah adalah Pancasila Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. "Dan apa yang kita laksanakan adalah kemanusiaan, salah satu unsur penting dari pada Pancasila, tentunya Pancasila secara keseluruhan. Namun unsut pokoknya adalah kita bekerja dengan asas dan tujuan kemanusiaan," sebutnya.

Dia mengungkapkan, tugas kemanusiaan ini hanya bisa dilaksanakan dengan hati yang bersih, demi kemanusiaan dan dilakukan dengan sukarela. 

"Kita bekerja untuk amal ibadah dalam artian agama, dan kemanusiaan dalam arti kemanusiaan," tuturnya.

Sementara, Ketua PMI Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan terimakasih atas ditunjuknya provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai sebagai tuan rumah Mukernas. Sekaligus tuan rumah Jumbara IX.

"Selamat datang di Sai Bumi Ruwa Jurai. Semoga bapak/ibu dapat menikmati keindahan alamnya, kekayaan budayanya, keunikan wastranya, serta kelezatan kulinernya," kata Riana.

Meski demikian, dia juga menyampaikan permohonan maaf jika penyambutan pelaksanaan acara atau penempatan terdapat hal yang kurang berkenan. 

"Semoga dengan Mukernas tahun 2023 dapat memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh keluarga besar PMI untuk selalu terus berbuat yang terbaik untuk kemanusiaan," sebutnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos