Gubernur Ajak Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

img
Gubernur Arinal Djunaidi saat membuka Raker Kesehatan Daerah

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi mengajak unyuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan. Hal itu guna mewujudkan misi Lampung Sehat Berjaya.

Ajakan itu disampaikan Arinal saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Lampung Tahun 2023 di Hotel Novotel, Senin (3-7-2023).

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 3 dan 4 Juli itu mengangkat tema "Penguatan Implementasi Kebijakan Transformasi Sistem Kesehatan untuk Mengoptimalkan dan Mempercepat Pembangunan Kesehatan di Provinsi Lampung".

"Saya mengajak jajaran kesehatan dan stakeholder terkait di Lampung untuk mengoptimalkan sinergi dalam meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan. Guna mewujudkan Lampung Sehat Berjaya," ajak Arinal.

Arinal menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu didorong untuk mencapai tujuan tersebut.

Pertama, Arinal mendorong Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui upaya sosialisasi, fasilitasi, dan sinergi program berbasis komunitas.

Kemudian, memperkuat peranan puskesmas dan memperbaiki kualitas layanan dengan bersama dengan pemerintah kabupaten/kota.

"Dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan Rumah Sakit. Karena sektor kesehatan merupakan salah satu prioritas utama dan unggulan dalam penyelenggaraan pembangunan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Gubernur juga meminta agar kebijakan transformasi sistem kesehatan diimplementasikan pada setiap jenjang pelayanan kesehatan. Mulai dari tingkat puskesmas, rumah sakit, kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

Menurut Arinal, ada enam pilar penopang transformasi kesehatan. Yaitu transformasi layanan primer, rujukan dan sistem ketahanan kesehatan.

Kemudian, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan transformasi teknologi.

"Mari kita semua dalam menjalankan tugas mencapai tujuan pembangunan kesehatan di Provinsi Lampung," tuturnya.

Arinal menyebutkan, pembangunan kesehatan lainnya juga termasuk mewujudkan Lampung Ramah Perempuan dan Anak.

Sehingga, gubernur meminta agar dilakukan revitalisasi layanan-layanan kesehatan khusus untuk perempuan dan anak. Serta memfasilitasi pemenuhan gizi yang baik bagi anak.

"Kita menyadari betapa pentingnya pembangunan kesehatan dimaksud yang harus menjaga kesehatan masyarakat sejak dalam kandungan, bayi, balita, remaja, usia produktif sampai usia lanjut," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Arinal mengapresiasi jajaran tenaga kesehatan yang telah berjuang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19.

Sehingga Lampung mampu mengendalikan covid-19 dan termasuk Provinsi terbaik di tingkat nasional dalam pengendalian tersebut.

"Terima kasih kepada saudara-saudaraku yang bekerja dibidang kesehatan, tanpamu Lampung tidak akan bisa mengendalikan covid-19 dan karenamu Lampung mendapatkan pujian bahwa kita satu didalam mengendalikan ini," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, substansi bahasan yang akan didiskusikan pada Rakerkesda itu tentang enam pilar penopang transformasi sistem kesehatan.

Menurut Reihana, Rakerkesda itu diharapkan bisa tersosialisasi dan terinformasi kebijakan pembangunan kesehatan didaerah, teridentifikasinya berbagai permasalahan masing-masing daerah khususnya terkait dengan transformasi kesehatan.

"Serta tersusunnya dokumen kesepakatan untuk rencana tindaklanjut hasil pembahasan Rakerkesnas 2023 dalam upaya penyelesaian permasalahan atau kendala dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan serta sebagai dasar penyusunan renstra 2024-2029," sebutnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos