Banjir di Tejoagung Timur, 80 KK Mengungsi

img
Banjir yang menggenangi rumah warga di Kelurahan Tejoagung Metro Timur. Foto. Adipati.

Harianmomentum.com - Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, Jumat (23/2/2018), dilanda banjir akibat air Way Sekampung meluap. Sekitar 80 kepala keluarga (KK) diungsikan. 


Wali Kota Metro Achmad Pairin pada Jumat (23/2/2 018) pagi meninjau ke lokasi banjir dan meminta dinas terkait segara menyalurkan bantuan serta membuat dapur umum.


"Siang ini dibuat dapur umun sampai air surut. Nanti makan, dan peralatan masak disiapkan. Kami perkirakan tiga hari air akan surut," ujar Pairin.


Selain itu, kata dia, pemkot akan menyiagakan petugas medis di kampung tersebut. "Dapur umum, tempat penampungan, dan juga tenaga medis akan disiagakan," terangnya. 


Menurut Pairin, pemkot sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk penanganan jangka panjang. Sehingga ke depan diharapkan bencana banjir tidak kembali terjadi.


"Sore ini pihak BBWS akan meninjau lokasi banjir. Kalau sekarang belum memungkinkan untuk mengambil langkah karena air sungai masih deras. Mungkin nanti kalau sudah mulai surut bisa dibuat tanggul atau benteng agar air tidak naik," jelasnya. 


Menurutnya, di aliran sungai tersebut sebenarnya ada gorong-gorong untuk pembuangan air dari kampung Harapan ke sungai. Namun, gorong-gorong tersebut tidak berfungsi karena lebih rendah dari tinggi air. 


"Jadi yang seharusnya air di kampung itu lari ke sungai ini malah sebaliknya air dari sungai malah lari ke kampung itu. Karena air sungainya lebih tinggi dari gorong-gorong itu. Karena memang airnya luar biasa,"  ungkapnya. 


Oleh sebab itu, tambah dia, Pemkot Metro akan mengusulkan ke Pemprov Lampung untuk melakukan pengerukan disungai tersebut melalui Musrenbang tingkat kota. Sebab, sungai tersebut mengalami pendangkalan. 


"Nanti di Musrenbang tingkat kota kita akan usulkan. Supaya ada pengerukan, karena itu kewenangan provinsi. Tetapi nanti bukan hanya wilayah Metro yang dikeruk, tetapi wilayah sebelumnya. Karena kalau yang dikeruk Metro saja, tidak menyelesaikan masalah," imbuhnya. (pie).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos