Ditlantas Gandeng Komunitas Pecinta Otomotif Tolak Hoax

img
Ditlantas Polda Lampung dan Komunitas Pecinta Otomotif kompak tolak hoax./Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com--Direktorat Lalulintas Polda Lampung (Ditlantas) Polda Lampung menggandeng Komunitas Pecinta Otomotif untuk menyosialisasikan penolakan terhadap hoax (berita bohong) dan ujaran kebencian (hate speech).

 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung Kombespol Kemas Ahmad Yamin mengatakan, pihaknya sengaja bersinergi dengan klub mobil maupun sepeda motor, karena mereka mempunyai peran signifikan dalam peredaran informasi.

 

"Kegiatan mereka, sosialisasi, touring, hingga donasi bantuan dan berinteraksi dengan pengendara lain, bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kampanye anti hoax," kata Dirlantas saat diwawancarai usai deklarasi anti hoax di halaman Kantor Ditlantas Polda Lampung, Rabu (14/3/18).

 

Para klub tersebut juga, telah diberikan pemahaman terkait pola dan tata cara mengenal informasi hoax.

 

"Jadi, ketika membaca sebuah berita, cek dulu sumber beritanya, cek juga sumber yang lain. Kalau baik, mereka bisa sosialisasi ke rekan komunitas dan masyarakat sekitar," kata Yamin.

 

Selain itu, para klub tersebut juga turut mensosialisasikan taat berlalu lintas.

 

"Mereka ini mitra polisi, karena turut serta dalam mensosialisasikan keselamatan berkendara," ujarnya.

 

Sementara, komunitas pecinta otomotif Lampung juga menyambut baik upaya Polri tersebut.

 

"Tentu kami sangat mendukung upaya pemberantasan hoax ini. Karena hoak dapat menimbulkan kegaduhan dan perpecahan antar masayarakat," kata Hengki, salah satu perawakilan dari Komunitas otomonif usai deklarasi anti hoax di halaman Kantor Ditlantas Polda Lampung, Rabu (14/3/18).

 

Dia pula berharap, agar masyarakat Lampung yang lainnya turut serta bersinergi melawan pemberitan hoak. Untuk itulah, dibutuhkan pemahaman serta ketelitian dalam menerima suatu berita.

 

"Jadi, kedepanya masyarakat Lampung tidak mudah terpancing dengan hoak dan isu sara yang mulai merusak kesatuan dan persataun antar masyarakat," ujarnya.

 

Untuk diketahui, ada sebanyak 35 komunitas yang turut serta dalam deklarasi memerangi hoax tersebut, diantaranya yakni, Mercedes Benz Club Lampung, Pajero Lampung, Nmax Lampung, KNC Lampung, dan HDCI Lampung, Kawasaki lampung, Harley Davidson Lampung, dan komunitas otomotif Lampung lainnya. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos