Sidak, Satgas Pangan Temukan Barang Habis Masa Edarnya

img
Ilustrasi. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Bandarlampung pada Senin, 21 Mei 2018, melakukan sidak di beberapa toko dan menemukan sejumlah barang yang habis massa edarnya.

 

Satgas pangan yang terdiri dari unsur Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Kota Bandalampung, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP Provinsi Lampung, serta Polresta Bandarlampung.

 

Sejumlah toko yang dikunjungi satgas antara lain toko kue Aladin Jaya dan Gelael di Pahoman. Satgas Pangan menemukan sejumlah barang yang habis izin edarnya namun tetap dijual di Aladin Jaya. Barang-barang itu untuk sementara ditarik dari peredaran sambil menunggu izin edar yang baru.

 

Kepala Bidang Sertifikasi dan Pelayanan Informasi Konsumen BBPOM, Tri Suyarto menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka pengawasan terhadap produk yang tidak memenuhi syarat edar. 

 

"Tujuannya melindungi masyarakat, supaya terhindar dari produk yang tidak memenuhi syarat. Juga demi keamanan masyarakat," kata dia saat sidak di Toko Aladin Jaya, Pahoman.

 

Ia meminta masyarakat teliti sebelum membeli barang. "Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah kemasan tak boleh rusak atau terbuka, label juga diperhatikan, kemudian izin edar harus memenuhi syarat. Yang terakhir, tanggal kadaluarsa juga harus diperhatikan," kata dia.

 

Ratusan botol pewarna makanan untuk sementara ditarik dari peredaran sampai terbit izin edar yang baru. "Kita lihat sesuai peraturan yang berlaku, kita tarik dari peredaran, karena izin edarnya tidak berlaku, masih menunggu izin edar yang baru," kata dia.

 

Sementara itu pemilik Toko Aladin Jaya, Eli mengaku bingung dengan peraturan yang ada. Dia meminta dinas terkait memberikan penyuluhan. "Saya sebenarnya minta penyuluhan dari BBPOM dan Dinkes, supaya tidak bingung, peraturan sebelumnya, dan sekarang itu berbeda, terus terang kita bingung," katanya. (aji) 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos