339 JCH Lamsel Ikuti Manasik

img
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan membuka manasik haji tahun 2018

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) bersama Kantor Kementerian Agama setempat menggelar mansik (bimbingan ibadah) haji, Rabu (04/07/2018).

 

Kegiatan yang berlangsung di  Masjid Bani Hasan, Kalianda itu diikuti 339 Jemaah Calon Haji (JCH).

 

Bupati Lamsel Zainudin Hasan saat membuka manasik tersebut berpesan, agar para JCH senantiasa menjaga kesehatan. Sehingga nantinya dapat melaksanakan rangkain ibadah haji dengan lancar.

 

“Pamahami seluruh materi yang diberikan dalam manasik ini. Jangan lupa selalu jaga kesehatan, agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan sesuai syariat. Sehingga dapat menjadi haji mabruru,” kata bupati.   

 

Bupati juga meminta para JCH untuk menjadi tauladan bagi keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

 

“Jangan pernah tinggalkan shalat, mulai hari ini jaga shalat fardhu berjemaah di masjid bagi yang laki-laki. Nanti setelah pulang dari menunaikan ibadah haji, bapak ibu harus bisa menjadi duta masjid, sebagai tauladan bagi keluarga dan masyarakat,” harapnya.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamsel Sukandi  menyampaikan, jumlah keseluruhan JCH setempat tahun ini, 339 orang. Rincianya 152 laki-laki dan 187 wanita.

 

Alhamdulillah, jumlah jamaah haji kita tahun ini meningkat, dibanding tahun lalu yang hanya 252 orang. Hanya kurang 54 orang tidak satu kloter. Mudah-mudahan tahun berikutnya cukup satu kloter penuh, tidak usah bergabung dengan kloter lain,” kata Sukandi.

 

Dia menambahkan, untuk JCH termuda tahun ini berusia 23 tahun, atas nama Wananda Ayu Lestari. Sedangkan  JCH laki-laki termuda  atas nama Novriza Adi Santoko dengan usia 21 tahun.

 

“Untuk jemaah tertua laki-laki atas nama Narjo Pawiro dengan usaia 95 tahun asal kecamatan Waypanji. Jemaah tertua perempuan atas nama Rosida Agus Mangid  dengan usia 93 tahun,” ungkapnya. (alp)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos