PLTD Pulau Pahawang Beroperasi

img
Bupati Pesawaran bersama jajaran forkopimda dan General Manager PLN wilayah Distribusi Lampung Jelita Indah meresmikan pengoperasian PLTD Pulau Pahawang.

Harianmomentum.com--PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) wilayah Distribusi Lampung mulai  mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk melayani konsumen di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran. 

 

Pengopresian PLTD dengan daya 150 kilovolt ampere(KVA) itu, diresmikan Bupati  Pesawaran Dendi Ramadhona, Kamis (16/11).

  

Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, pengoprsian PLT tersebut bukan sekedar untuk melayani masyarakat. Lebih dari itu, untuk menunjang upaya pengembangan Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata unggulan di kabupaten setempat.

 

“Pembangunan PLTD ini merupakan bagian dari program Lampung Terang. Program ini merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan PT PLN  untuk mendukung pembangunan daerah,” kata bupati.

 

Menurut dia, pembangunan PLTD di Pulau  ahawang merupakan tahap awal dari target pelayaan listrik di seluruh kepulauan di Kabupaten Pesawaran. “Kita punya target, kedepan seluruh masyarakat yang tinggal di kepulauan dapat menikmati layanan penerangan listrik,” terangnya.

 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto, mewakili Gubernur M. Ridho Ficardo menngatakan, sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran punya potensi besar untuk dikembangkan. 

 

Karena itu, Pemprov Lampung berkomitmen mendukung upaya pengembangan potensi wisata tersebut. Salah satunya dilakukan melalui program Lampung Terang berkerjasama dengan PT PLN.

 

“Saat ini kunjungan wisatawan nusantara ke Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pesawara terus mengalami peningkatan. Karena itu, harus ditunjang dengan sarana infrastruktur yang memadai, salah satunya pengadaan layanan  penerangan listrik,” kata Budioharto.

 

General Manager PLN wilayah Distribusi Lampung Jelita Indah mengatakan, PLTD Pulau Pahawang mampu melayani penerangan listrik untuk 400 kepala keluraga (KK). 

 

"Ini merupakan tahap awal, dalam bentuk pengalihan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dengan daya 150 kilovolt ampere. Ini semua hanya sementara, nantinya kita akan bangun jaringan listrik bawah laut untuk lebih mengakomodir kebutuhan listrik di Pulau Pahawang," terangnya. (doy)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos