Banyak Muslim Lebih Peduli Makanan Halal Daripada Pendapatan Halal

img
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Tidak sedikit umat muslim saat ini yang terlalu sibuk memperhatikan soal status makanan terkait halal atau tidaknya ketimbang status sumber pendapatan mereka.

 

Begitu kritik yang disampaikan oleh Datuk Dr Asyraf Wajdi Dusuki, Wakil Menteri Malaysia yang bertanggung jawab atas urusan Islam, dalam pidatonya di sebuah seminar tentang lembaga keuangan dan amal Islam pekan ini. 

Menurutnya, masyarakat Islam saat ini banyak menempatkan isu halal-haram hanya pada apa yang dikonsumsi.

"Kekhawatiran akan makanan halal dan label halal sangat penting. Tapi kekhawatiran serupa mungkin tidak benar bila menyangkut dari mana uang berasal untuk membeli makanan halal itu," kata Asyraf dalam kesempatan tersebut seperti dimuat The Malay Mail Online, dikutip RMOL.CO.

Ia menjelaskan bahwa ketika mengkonsumsi daging, biasanya umat Islam sangat memperhatikan soal apakah penyembelihan hewan itu sesuai syariah atau tidak. Hal itu berkaitan dengan status halal-tidaknya daging tersebut. 

Namun tidak banyak yang memperhatikan soal bagaimana uang yang digunakan untuk membeli daging atau makanan lainnya berasal.

"Uang yang mereka terima untuk membeli makanan itu, meski berasal dari riba, bunga, korupsi, mereka tidak peduli," tambahnya.

"Ini adalah sesuatu yang sangat nyata di masyarakat kita saat ini," demikian Asyraf. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos