Puasa tapi Berat Badan Bertambah, Ini Penyebabnya

img
Ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki keimanan dan ketakwaan. Namun, tak sedikit pula orang yang mengeluhkan bertambahnya berat badan. Loh kok bisa gitu ya? Kenapa hayoo?

Menurut hasil studi dari beberapa sumber, sebenarnya kenaikan berat badan selama berpuasa, tak lepas dari gaya hidup seseorang saat berpuasa. Jika Anda masih melakukan gaya hidup ini, maka kenaikan berat badan tak akan dapat dihindari saat lebaran tiba.

Yuk, kita lihat beberapa contoh gaya hidup yang malah bisa menaikkan berat badan saat berpuasa:

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat

Tak bisa dipungkiri lagi, gorengan memang sudah menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa. Padahal, kita sadar kalau gorengan sangat banyak mengandung  karbohidrat yang cepat disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Untuk Anda yang ingin berat badannya tetap terjaga saat Ramadan, sebaiknya konsumsilah makanan tinggi protein atau karbohidrat kompleks, seperti: nasi merah dan kentang dengan kulit yang akan membantu pencernaan anda, sehingga bahan makanan tidak langsung disimpan sebagai lemak.

Terlalu banyak gula

Saat puasa tubuh kehilangan banyak gula dalam tubuh. Itu menjadi penyebab mengapa tubuh terasa lemas saat puasa. Namun, bukan berarti gula yang hilang itu langsung diganti dalam jumlah banyak sekaligus, saat berbuka. 

Hal tersebut justru membuat tubuh hanya akan menyimpannya sebagai lemak. Belum lagi risiko kenaikan gula darah yang cepat setelah turun. Tentu gaya hidup seperti ini saat berpuasa malah akan merugikan tubuh.

Kurang minum

Minumlah banyak cairan setelah berbuka puasa. Aktivitas seharian membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Cairan dalam tubuh digunakan untuk membantu pencernaan bekerja lebih. Air mineral merupakan bagian dari diet sehat selama berpuasa.Karena itu, mencukupi kebutuhan minum menjadi sangat penting saat bulan Ramadan. 

Konsumsi banyak air mineral saat sahur dan berbuka puasa juga penting untuk menjaga agar anda tetap fokus selama berpuasa dan tidak mengalami risiko dehidrasi.Bahaya kan kalau sampai kenapa-kenapa hanya karena kurangnya cairan dalam tubuh?

Dengan bertambahnya informasi seputar gaya hidup selama Ramadan, pastinya puasa kita akan menjadi jauh lebih bermanfaat, untuk tubuh dan kesehatan. Selamat menunaikan ibadah puasa. (ramadhanberbagi.com)  






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos