Lagi, Dosen UBL Dapat Beasiswa di Luar Negeri

img
Wayan Karang Yana, dosen prodi PBI UBL yang melanjutkan studi S3 di Washington State University, Amerika//ist

Harianmomentum.com--Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Wayan Karang Yana, kembali mendapat beasiswa pendidikan di luar negeri.

Kali ini, dia melanjutkan studi program Doktor (S3) di jurusan Language, Literacy and Technology di Washington State University, Amerika melalui program beasiswa Fulbright.

Fulbright adalah beasiswa bergengsi yang didanai penuh pemerintah Amerika Serikat, namun dikelola oleh The American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

"Saya bersyukur, berkat karunia Tuhan serta dukungan dari keluarga dan juga pihak universitas, saya bisa memperoleh beasiswa Fulbright untuk studi lanjut S3 ke Amerika Serikat," kata Wayan melalui pesan yang diterima harianmomentum.com, Sabtu (20-7-2019).

Menurut dia, tak mudah mendapatkan beasiswa tersebut, sebab butuh perjuangan panjang.

"Saya ikut seleksi, mulai dari tahap seleksi awal, tes, wawancara sampai akhirnya dinyatakan lolos dan memilih Washington State University sebagai pilihan kampus di Amerika,” tutur Wayan.

Lebih lanjut atau menuturkan, dia mendapat beasiswa penuh untuk program tersebut. 

"Mulai dari biaya hidup, kebutuhan kuliah, transportasi, hingga asuransi, pokoknya kita tidak keluar biaya apapun," jelasnya.

Sejak dulu, Wayan ingin melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya.

"Bagi saya belajar adalah senjata terbaik untuk menuju proses pendewasaan, dan Amerika adalah negara yang memiliki sistem pendidikan yang bagus,” kata Wayan. 

Diketahui, Wayan telah beberapa kali menempuh studinya di luar negeri. Mulai dari Virginia Tech di Amerika melalui program pertukaran mahasiswa saat menempuh pendidikan S1, Coventry University di Inggris dengan beasiswa LPDP saat menempuh pendidikan S2, hingga kini kembali memperoleh beasiswa program S3 di Washington State University Amerika. 

Ditanya tentang harapannya ke depan, Wayan menyatakan akan kembali ke kampus dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk kemajuan pendidikan di Lampung. 

“Mengajar adalah dunia saya, saya akan kembali mengajar di prodi PBI UBL yang selama ini telah memberikan dukungan penuh kepada saya untuk kelancaran studi lanjut saya ke Amerika,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Rektor II UBL, Harpain mengucapkan selamat atas diterimanya beasiswa itu.

“Selamat atas pencapaian salah satu dosen prodi PBI UBL, Wayan Karang Yana, melanjutkan studi S3 di Washington State University Amerika," ucapnya.

Dia berharap, perkuliahan Wayan dilancarkan sehingga dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. 

"UBL terus mendorong dan memfasilitasi dosen dan mahasiswanya untuk melanjutkan studi sampai ke luar negeri,” harap Harpain.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos